mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

18 January 2011

Nyanyian sendu dikantor samsat Kerinci

Lussi tampak gelisah.Ia menunggu dirinya dipangil telah berjam-jam untuk mendapatkan layanan dikantor samsat Kerinci setelah menyetor berkas pengurusan STNK dan BPKB namun tak kunjung dipanggil.
 Anehnya,orang yang baru datang untuk membayar pajak malah mendapatkan kemudahan tidak berapa lama langsung dipangil antriannya.Ini fonema kantor pelayanan pajak kendaraan bermotor Kerinci.Keluhan ini bukan lagi satu dua orang.

“Saya merasa kecewa atas pelayanan yang diberikan oleh pihak pemberi layanan pada kantor samsat Kerinci,”Ujar lusi dengan nada sendu.Senin (17/1).Layanannya dinilai pilih kasih.”layanan pilih kasih dan buruk,dan tak ramah”imbuhnya.

 Didalam memberikan layanan pada kantor pajak kerinci.kala memasuki ruangan terdapat empat lokasi penyetoran berkas.yang didalamya anak muda satlantas kerinci siap memberikan layanan.Tiada suara,hanya bunyi robekan kertas yang terdengar dan tinta print computer.Orang terdiam dan hampa.Tak ramah serta tak bersahabat.

Dalam membayar  pajak kendaraan tidak akan ada anda temukan keramahan dan orang yang memberikan layanan.Kesan bagaikan kantor “hantu” dengan tatapan curiga dan plirak-plirik  serta neoritik.Sumringah memang.

Kalau tidak disapa dan ditanya jangan harap anda akan mendapatkan layanan. Anda akan melongo melihat orang bekerja dalam memberikan layanan.Mereka terlihat sibuk.Para lantas dalam meja jajaran depan sibuk mencatat dan registrasi untuk membayar pajak.Semau catatan STNK dan PKB dicatat dalam buku stambuk besar.Masih berbazis manual.Hingga kelambanan terjadi dan membuat tidak lancar. Orang yang minta dilayani demikian banyak.

Deretan paling belakang sibuk memainkan tut-tut computer entah apa yang mereka buat.Komputer pada gerai kedua hanya terlihat pajangan.Sementara antrian menunggu keluar masuk ruangan.Kadang kesan terlalu banyak praktek”percaloan” didalamnya.Pada hal ruangan formulir layanan satu pintu.mengapa masih memasuki ruangan dalamnya.

Ada sisi menarik ditengah kesibukan dalam membayar pajak dan terkesan nyeleneh.Tepatnya,pada ruangan bendaharawan pajak yang berada pada kiri  ruangan kala memasuki ruangan samsat Kerinci.Telihat jelas pada label bajunya.Orang bernama Taufik.

”Untuk kemudahan membayar pajak tidak usah menungu antrian,lama itu.coba masuk kedalam ruangan bapak Taufik.Semua urusan pajak selesai.Ia langsung bikin pada formulir.Kita langsung bayar,”Ujar Tarmizi,salah seorang pembayar Pajak kendaraan roda dua.Senin(17/1) sambil berlalu.

Namun tidaklah jelas.Adakah fee untuk mempercepat akses pajak dengan Taufik.Karena begitu cepat dan mudah.Sedangkan yang berurusan dengan mengunakan prosedur terkesan lamban.

Sementara yang mengurus secara resmi melalui prosedur.Memang lama dipanggil.”Saya dari jam delapan pagi,ngambil surat lunas pajak menunggu jam dua siang.Lucunya terlihat dari luar orang mengurus melalui pak Taufik langsung bisa ambil dan selesai,”kata Ismet. Senin(17/1)

Taufik,warga Koto Majidin. Menikah dengan orang semurup.ia telah lama bekerja dilayanan kantor samsat ditengarai telah memiliki relasi yang demikian banyak dalam urusan membayar pajak.
“Bapak Taufik,itu orang lama dikantor layanan samsat Kerinci.Ia bendaharawan.tentu telah memiliki banyak relasi.Karena memberikan layanan kemudahan dalam mengurus urusan pajak kendaraan”Kata Bachtiar.
Tak hanya satu dua orang yang mengakui mendapatkan layanan cepat dengan Taufik.Simak pula pengakuan Solmi,kimpraswill Kerinci.“Aku ngurus pajak kendaraan dengan Taufik sebenta selesai pada ngurus melalui gerai lantas depan.Agak sedikit lama.Kalau Dengan Taufik langsung beres,”imbuhnya.Selasa (18/1)

Membayar pajak dengan Taufik.ini adalah sebuah fenomena lama.yang berada dalam managemen sekarang.Meski dalam layanan dikantor samsat cukup jelas tertulis dilarang berurusan melalui calo.bolehlah.Itu tentu calo yang berasal dari luar lingkungan samsat Kerinci.
 
Kalau callo berada didalam lingkungan samsat sendiri?tak usah dipelihara, dan ini, Tentu sebuah pemikiran.Karena semua orang tahu,bahwa kantor pajak adalah”lahan basah” yang merupakan komoditi mendapatkan uang ditengah upaya memberantas korupsi.
ฏalam memberikan layanan jelas tampak sekali dan bukan kasat mata.Soalnya,dalam memberikan layanan ada dua kubu gerai pelayanan.

Dua gerai pelayanan pada ruangan depan masuk dan mendaftar melalui satlantas kerinci selaku pegawai samsat Kerinci.Pada gerai didalamanya,ada gerai Taufik.Jadi pembayaran pajak kendaraan ada dualisme gerai dalam satu kantor.Dengan demikian Samsat dalam layanananya telah terbelah dua.

Ada fenomena apa ini.dan siapa yang diuntungkan hingga format ini terpelihara menjadi ” Karatan” terpelihara dan menahun.Dan tak pernah terbongkar.Terbiar karatan bagaikan akar sulit tercerabut.
Kalau memperhatikan layanan dalam administrasi yang dilakukan anak muda satlantas kerinci masih berbau manual dengan mencatat dengan buku besar.Sedangkan orang yang membayar pajak demikian banyaknya.

Hendak layanan perlu “revolusi”dengan mengunakan berbazis teknologi yang lan area,dalam artian semua data terhimpun dan vailad dalam server computer.Kecuali mereka pelaksana gagap teknologi.Kenapa terlalu
gerai yang dilalui.

Demikian juga dengan pembayaran pajak kendaraan perlu dikembangkan managemen berbazis teknologi bayar dan transaksinya langsung memasuki rekening dan dipertangung jawabkan sesuai dengan tertera pada pajak kendaraan.Kalau memang ada itikad baik untuk mengembangkan layanan  terbaik.Kalau tidak layanan kantor samsat tetap sebagai “ladang” oknum untuk  memperoleh fee.

 Cerita sakitnya membayar pajak pada layanan kantor samsat  kerinci  Terungkap pula dari pengakuan anto(35) pegawai salah satu kantor dikerinci. Ada harga yang berbeda."sฆya bayar pada salah seorang kantor awal 335 ribu.Kemudian berubah pula menjadi 120 ribu.dalam daftar pajak tertera angka 100 ribu lebih"Ujarnya.

Yustiar kepala layanan kantor pajak pada samsat Kerinci dikonfirmasi tidak berada diruangan.“Maaf dek.Bapak lagi keluar,”Ujar salah seorang pegawainya.Senin(17/1)

No comments:

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

pepatah

Rm