mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

17 August 2010

Kelompok Teratai Putih.Kota Majidin

 Misterikerinci.Kelompok tani teratai putih berdiri sejak tahun 2004,dikukuhkan sebagai kelas pemula 12 Mei 2004.Memiliki anggota 28 orang. Sesuai dengan piagam pengukuhan tanggal 1 mei 2007 oleh camat air hangat.Lokasi desa Koto Majidin Hilir.

Pemilihan nama kelompok teratai putih.Karena dikelola oleh wanita.Wanita identik dengan kembang atau bunga.Disamping itu mencerminkan usaha tani yang berkaitan dengan media air.,sebagaimana kebiasan tempat tumbuhnya teratai.Hal yang mengilhami nama teratai putih.

Latar belakang

Latar belakang pembentukan kelompok.Karena adanya kesamaan kepentingan,kesamaan kondisil lingkungan. Dan keakraban untuk menciptakan kelompok.
Tujuan
Meningkatkan kesejehteraan dan taraf hidup para annggota khususnya,masyarakat koto Majidin hilir Umunnya.
Membangun gerakan ekonomi dimana KWT teratai Putih menjadi gerakan ekonomi rakyat pedesaan serta ikut serta membangun ekonomi nasional.Mempersatukan kelompok koto Majidin hilir 
Pengembangan usaha
Usaha yang dikembang oleh kelompok wanita teratai putih ini adalah usaha peternakan itik.Kelompok ini memelihara itik 9.858.ekor.Masing-masing anggota memelihara itik sebanyak 352 ekor.
Dalam mengembangkan usaha peternakan itik yang diperluas pula dengan usaha membuat abon daging,telur asin.Usaha ini terus berkembang.Dan berjalan.
Prestasi
Dalam usaha pengembangan kelompok telah berhasil mendapat pretasi:
    1. Juara II kelompok agrobisnis ternak itik tk.Kab.Kerinci tahun 2009.
2. Juara I Kelompok agrobisnis ternak itik tahun 2010.
3. Juara I kelompok agrobisnis ternak itik tk.Propinsi jambi. Thn.2010.
4. Juara 1 Lomba TTG kecamatan tahun 2010.
5. Juara lomba ttg tk.Kabupaten tahun 2010.
Sumber modal
Sumber modal yang mereka kembangkan didapat dari usaha padi sawah dan palawija.Usaha permodalan ini dikembangkan pada usaha membentuk koperasi.

Adapun produk yang memberikan sumber pendapatan adalah penjualan anak itik,betina dan jantan.Serta Penjualan itik afkir yang telah tua.Penjualan abon dan telur asin.Pendapatan dari hasil kotoran itik untuk pupuk kandang atau pupuk organik.


Keungulan kelompok
Kelompok teratai putih memiliki mesin penetas telur. Dengan kapasitas 200 s/800 butir.Bahan baku mesini tetas ini adalah bahan bauku local.Seperti papan triplek,kardus.
Menurut Nailarti,ketua kelompok teratai didampingi wakil ketua,Ripartita dikonfirmasi mengungkapkan,bahwa pengembangan usaha kelompok terus dikembangkan.
Usaha itu perlu mendapatkan perhatian pemerintah.Pasalnya,pembuatan abon dari itik afkir perlu mendapat sentuhan teknologi.Karena kini hanya dilakukan secara manual
“yang perlu mendapat perhatian pemerintah adalah pada usaha untuk mendapatkan sentuhan teknologi dari pembuatan abon dengan manual pada sentuhan teknologi,seperti penyedian mesin pengolah,termasuk keindahan pada kemasan” ujarnya.
Penjualan produk
Ditahun 2008 berhasil memproduksi telur 13,982.Angka kenaikan ditahun 2009 dengan 25,432 butir telur. Pada produksi anak itik tahun 2008.7.344.angka kenaikan terjadi ditahun 2009 dengan angka anak itik 12.115.
Pada itik afkir ditahun 2008 4.760 ekor.Meningkatpada tahun 2009, dengan angka 5.581.
    

No comments:

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

pepatah

Rm