Guru berprestasi kerinci
Prihatin dengan mutu pendidikan
Prihatin dengan mutu pendidikan
Sejalan dengan tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mengupayakan pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan Dasar serta terselenggaranya manajemen berbasis Sekolah yang handal dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar sangat penting karena Sekolah Dasar merupakan pondasi bagi pendidikan selanjtunya sekaligus menjadi penopang untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia di Eraglobalisasi yang penuh persaingan.
Peningkatan mutu pendidikan tidak hanya dapat dicapai dengan memerankan peserta didik tanpa adanya peran para pendidik. Karena pendidik disini berperan sebagai nara sumber bagi peserta didik. Apa bila nara sumbernya berkualitas, maka akan tercermin dengan hasil didikannya yang berkualitas pula. Untuk itu dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan ada dua factor yang sangat dominan mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran di sekolah, yaitu : 1) Faktor Internal, 2) Faktor Eksternal. Yang termasuk factor internal adalah peserta didik, tenaga pendidik, sarana prasana, dan system pengelolaannya.
Sedangkan yang termasuk factor eksternal adalah factor pendukung antara lain lingkungan sekolah itu sendiri dan factor orang tua murid yang tergabung dalam komite sekolah serta kerjasama sekolah dengan pihak lain.
Pada tahun pelajaran 2005/2006 semeseter ke-2 yakni pada awal pertama kali penulis ditugaskan sebagai Kepala Sekolkah di SD Negeri Nomor 270/III Lawang Agung Kecamatan Sungai Penuh keadaan murid sejumlah 205 orang dengan jumlah guru 11 orang termasuk kepala sekolah. Taraf serap kurikulum dan daya serap siswa untuk lima mata apelajaran pokok, yaitu Bahasa Indonesia, PPKn, IPS, Matematika, dan iPA masih belum menunjukkan suatu ketuntasan belajar, yakni berkaisar dibawah 7,00.
Dari latar belakang tersebut penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut menjadi sebuah karya ilmiah dengan judul “Upaya meningkatkan hasil belajar siswa SD No. 270/III Lawang Agung Kecamatan Sungai Penuh”.
1.1 Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dirumuskan sebagai berikut:
“Bagaimanakah upaya Kepala SD No. 270/III Lawang Agung dalam meningkatkan hasil belajar siswa?”
1.2 Strategi Pemecahan Masalah
Strategi pemecahan masalah yang dipilih berdasarkan tahapan pelaksanaannya adalah sebagai berikut:
1.2.1 Peningkatan disiplin tenaga pengajar dan penjaga sekolah Disiplin menurut Moeliono (198-208) adalah ketaatan atau kepatuhan terhadap tata tertib. Untuk itu tahap penegakan disiplin tenaga pendidik adalah tahap awal yang merupakan satu factor penentu keberhasilan proses pembelajaran di sekolah. Dikatakan dmeikian karena tenaga pendidik (guru) merupakan panutan bagi peserta didiknya. Menurut Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdikbud (1996-28) ada 25 butir langkah yang harus dilakukan oleh seseorang guru dalam menegakkan disiplin di sekolah. Apabila ini semua dilakukan oleh seorang guru maka proses pembelajaran akab brjalan dengan baik.
1.2.2 Peningkatan disiplin peserta didik
Tahap kedua dari tahapan operasional adalah disiplin peserta didik. Disiplin disini dimaksudkan adalah disiplin secara menyeluruh bukan hanya dalam proses belajar mengajar saja. Disiplin peserta didik juga merupakan factor penentu keberhasilan proses pembelajaran. Dikatakan demikian karena apapun bentuk proses yang dilakukan oleh tenaga pendidik (guru) akan berhasil dengan baik apabila peserta didiknya mengikuti apa yang ditugaskan oleh gurunya.
1.2.3 Peningkatan kemampuan guru terhadap proses pembelajaran
Tahap ketiga adalah adanya kemampuan guru dalam menerapkan proses pembelajaran. Untuk melaksanakan proses belajar mengajar yang baik, maka seorang guru harus memiliki pengetahuan siap, yaitu pengetahuan yang berhubungan dengan proses belajar mengajar baik pengetahuan yang berhubungan dengan materi pembelajaran maupun strategi penyampaian dan penilaian proses.
1.2.4 Transparansi pengelolaan keuangan sekolah terhadap semua personil sekolah.
Tahap keemapat adalah transparansi pengelolaan. Menurut Anton Moeliono (1998:958) Transparansi adalah sifat tembus cahaya atau nyata. Untuk itu transparansi dalam pengelolaan keuangan sekolah dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau perbuatan keterbukaan dan kejelasan serta akuntabilitas (dapat dipertanggungjawabkan). Factor transparansi pengelolaan keuangan disekolah merupakan salah satu unsure yang ikut menentukan keberhasilan proses pembelajaran disekolah. Karena apapun bentuk kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk pembelajaran selalu dibarengi dengan dana yang memadai. Untuk itulah maka apa bila kita menginginkan keberhasilan suatu proses harus diiringi dengan dana serta kejujuran pengelola dana itu sendiri yang bersifat transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.
1.2.5 Peningkatan hubungan kerja dengan komite sekolah
Tahap kelima adalah peningkatan hubungan kerja dengan komite sekolah. Komite sekolah merupakan salah satu badan independen yang turut serta terlibat dalam pengelolaan sekolah. Untk itu hubungan kerjasama antara pihak sekolah dengan komite perlu ditingkatkan karena dengan meningkatnya kerjasama antara sekolah dengan komite sekolah akan memudahkan pihak sekolah untuk meningkatkan disiplin siswa menuju peningkatan mutu pendidikan.
Peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar sangat penting karena Sekolah Dasar merupakan pondasi bagi pendidikan selanjtunya sekaligus menjadi penopang untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia di Eraglobalisasi yang penuh persaingan.
Peningkatan mutu pendidikan tidak hanya dapat dicapai dengan memerankan peserta didik tanpa adanya peran para pendidik. Karena pendidik disini berperan sebagai nara sumber bagi peserta didik. Apa bila nara sumbernya berkualitas, maka akan tercermin dengan hasil didikannya yang berkualitas pula. Untuk itu dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan ada dua factor yang sangat dominan mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran di sekolah, yaitu : 1) Faktor Internal, 2) Faktor Eksternal. Yang termasuk factor internal adalah peserta didik, tenaga pendidik, sarana prasana, dan system pengelolaannya.
Sedangkan yang termasuk factor eksternal adalah factor pendukung antara lain lingkungan sekolah itu sendiri dan factor orang tua murid yang tergabung dalam komite sekolah serta kerjasama sekolah dengan pihak lain.
Pada tahun pelajaran 2005/2006 semeseter ke-2 yakni pada awal pertama kali penulis ditugaskan sebagai Kepala Sekolkah di SD Negeri Nomor 270/III Lawang Agung Kecamatan Sungai Penuh keadaan murid sejumlah 205 orang dengan jumlah guru 11 orang termasuk kepala sekolah. Taraf serap kurikulum dan daya serap siswa untuk lima mata apelajaran pokok, yaitu Bahasa Indonesia, PPKn, IPS, Matematika, dan iPA masih belum menunjukkan suatu ketuntasan belajar, yakni berkaisar dibawah 7,00.
Dari latar belakang tersebut penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut menjadi sebuah karya ilmiah dengan judul “Upaya meningkatkan hasil belajar siswa SD No. 270/III Lawang Agung Kecamatan Sungai Penuh”.
1.1 Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dirumuskan sebagai berikut:
“Bagaimanakah upaya Kepala SD No. 270/III Lawang Agung dalam meningkatkan hasil belajar siswa?”
1.2 Strategi Pemecahan Masalah
Strategi pemecahan masalah yang dipilih berdasarkan tahapan pelaksanaannya adalah sebagai berikut:
1.2.1 Peningkatan disiplin tenaga pengajar dan penjaga sekolah Disiplin menurut Moeliono (198-208) adalah ketaatan atau kepatuhan terhadap tata tertib. Untuk itu tahap penegakan disiplin tenaga pendidik adalah tahap awal yang merupakan satu factor penentu keberhasilan proses pembelajaran di sekolah. Dikatakan dmeikian karena tenaga pendidik (guru) merupakan panutan bagi peserta didiknya. Menurut Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdikbud (1996-28) ada 25 butir langkah yang harus dilakukan oleh seseorang guru dalam menegakkan disiplin di sekolah. Apabila ini semua dilakukan oleh seorang guru maka proses pembelajaran akab brjalan dengan baik.
1.2.2 Peningkatan disiplin peserta didik
Tahap kedua dari tahapan operasional adalah disiplin peserta didik. Disiplin disini dimaksudkan adalah disiplin secara menyeluruh bukan hanya dalam proses belajar mengajar saja. Disiplin peserta didik juga merupakan factor penentu keberhasilan proses pembelajaran. Dikatakan demikian karena apapun bentuk proses yang dilakukan oleh tenaga pendidik (guru) akan berhasil dengan baik apabila peserta didiknya mengikuti apa yang ditugaskan oleh gurunya.
1.2.3 Peningkatan kemampuan guru terhadap proses pembelajaran
Tahap ketiga adalah adanya kemampuan guru dalam menerapkan proses pembelajaran. Untuk melaksanakan proses belajar mengajar yang baik, maka seorang guru harus memiliki pengetahuan siap, yaitu pengetahuan yang berhubungan dengan proses belajar mengajar baik pengetahuan yang berhubungan dengan materi pembelajaran maupun strategi penyampaian dan penilaian proses.
1.2.4 Transparansi pengelolaan keuangan sekolah terhadap semua personil sekolah.
Tahap keemapat adalah transparansi pengelolaan. Menurut Anton Moeliono (1998:958) Transparansi adalah sifat tembus cahaya atau nyata. Untuk itu transparansi dalam pengelolaan keuangan sekolah dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau perbuatan keterbukaan dan kejelasan serta akuntabilitas (dapat dipertanggungjawabkan). Factor transparansi pengelolaan keuangan disekolah merupakan salah satu unsure yang ikut menentukan keberhasilan proses pembelajaran disekolah. Karena apapun bentuk kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk pembelajaran selalu dibarengi dengan dana yang memadai. Untuk itulah maka apa bila kita menginginkan keberhasilan suatu proses harus diiringi dengan dana serta kejujuran pengelola dana itu sendiri yang bersifat transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.
1.2.5 Peningkatan hubungan kerja dengan komite sekolah
Tahap kelima adalah peningkatan hubungan kerja dengan komite sekolah. Komite sekolah merupakan salah satu badan independen yang turut serta terlibat dalam pengelolaan sekolah. Untk itu hubungan kerjasama antara pihak sekolah dengan komite perlu ditingkatkan karena dengan meningkatnya kerjasama antara sekolah dengan komite sekolah akan memudahkan pihak sekolah untuk meningkatkan disiplin siswa menuju peningkatan mutu pendidikan.
IRIANI.Spd.
Kepala SD.720.Lawang Agung
Sungai Penuh-Kerinci.
Ia.akan mengikuti kompetisi
guru berprestasi di Jambi.
satu-satunya dari Kerinci.
. PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Pendidikan didalam dan luar negeri
Nama diklat yang diikuti Latihan prajabatan Lama diklat 15 hari tahun 1984 Insttitusi penyelenggara Bupati Kepala Daerah Tanjab Tempat Kuala Tungkal.
Nama diklat yang diikuti Penataran Guru PMP Lama diklat 7 hari tahun 1985 Insttitusi Penyelenggara Depdikbut Prov. Jambi Tempat Kuala Tungkal
Nama diklat yang diikuti Panitia Jamran Gunung Raya Lama diklat 4 hari tahun 1990 Insttitusi penyelenggara Jambore Cabang Kerinci Tempat Sungai Medang
Nama diklat yang diikuti pelatihan Tutor Kejar Paket A Lama diklat 3 hari tahun 1991 Insttitusi penyelenggara SKB Air Hangat Tempat Semurup
Nama diklat yang diikuti Pramuka Mahir Dasar Lama diklat 8 hari tahun 1991 Insttitusi penyelenggara Kwartir Cabang Pramuka Kerinci Tempat Hiang.
Nama diklat yang diikuti Pelatihan Instruktur Tata Upacara Bendera diklat 3 hari tahun 1991 Insttitusi penyelenggara SKB Air Hangat Tempat Semurup.
Nama diklat yang diikuti Penataan P4 Lama diklat 3 hari tahun 1991 Insttitusi penyelenggara Talang Kemuning Tempat BP7
Nama Diklat Yang Diikuti Pelatihan Keterampilan merangkai Janur Lama diklat 3 hari tahun 1992 Insttitusi Penyelenggara Semurup Tempat SKB Air Hangat.
Nama diklat yang diikuti pelatihan Kader Bimas Kencana Desa Percontohan Lama diklat 2 hari tahun 1993 Insttitusi Penyelenggara Sungai Penuh Tanjab Tempat Balai Diklat KBN Jambi
Nama diklat yang diikuti Pelatihan Tutor Paket A Instensif Program Lama diklat 8 hari tahun 1993 Insttitusi Penyelenggara Sungai Penuh Tempat Depdikbud
Nama diklat yang diikuti Penataran PBM dan Pembinaan Guru/Kepala Sekolah Lama diklat 3 hari tahun 1993 Insttitusi Penyelenggara Pulau Pandang Tempat Depdikbud Kab. Kerinci
Nama diklat yang diikuti Pelatihan Tutor Paket A Instensif Program Lama diklat 8 hari tahun 1994 Insttitusi Penyelenggara Sungai Penuh Tempat Depdikbud Kab. Kerinci
Nama diklat yang diikuti Penataran Kurikulum SD. 1994 Lama diklat 3 hari tahun 1994 Insttitusi penyelenggara Lempur Tempat Depdikbud Kab. Kerinci
Nama diklat yang diikuti Penataran Peningkatan Kemampuan Tenaga Kependidikan Lama diklat 3 hari tahun 1995 Insttitusi penyelenggara Kerinci Tanjab Tempat Kanwil Depdikbud Prov. Jambi
Nama diklat yang diikuti Latihan Kerja Guru PPKN diklat 4 kali pertemuan tahun 1995 Insttitusi penyelenggara Sungai Penuh Tempat Depdikbud Kab. Kerinci
Nama diklat yang diikuti Pelatihan Penggunaan Alat Peraga IPA Lama diklat 3 hari tahun 1995 Insttitusi penyelenggara Lempur Tempat Depdikbud Kab. Keirnci
Nama diklat yang diikuti Penataran Guru Pemandu Matematika Lama diklat 7 hari tahun 1996 Insttitusi penyelenggara Jambi Tempat BPG jambi
Nama diklat yang diikuti Penataran Kader/Ketua Kelompok Dasawisma Lama diklat 12 hari tahun 2000 Insttitusi penyelenggara Kerinci Tempat Kuala Ketua Penggerak PKK Kerinci
Nama diklat yang diikuti KKG Lama diklat 12 hari tahun 2000 Insttitusi penyelenggara Kerinci Tempat Kanwil Depdiknas Prov. Jambi
Nama diklat yang diikuti Pelatihan Jantung Sehat Lama diklat 5 hari tahun 2000 Insttitusi penyelenggara Sungai Penuh Tempat Dinas PDK Kab. Kerinci
Nama Diklat Yang Diikuti Pembimbing / Guru Pamong Lama Diklat 9 hari tahun 2000 Insttitusi Penyelenggara SD.No 301/III Talang Kemuning Tempat Diploma III Stain Kerinci
Nama Diklat Yang Diikuti Orientasi Sedang Kamabigus Pramuka tahun 2003 Insttitusi Penyelenggara Kwartir Cabang Pramuka Kerinci Tempat Sungai Penuh
Nama Diklat Yang Diikuti KKG Lama Diklat 15 kali pertemuan tahun 2003 Insttitusi Penyelenggara Gugus Tempat Lempur
Nama Diklat Yang Diikuti Pembinaan Manajemen Kepala Sekolah Dasar Lama Diklat 6 hari tahun 2003 Insttitusi Penyelenggara Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kab. Keirnci Tempat Sungai Penuh
Nama Diklat Yang Diikuti KKG Lama Diklat 15 kali pertemuan tahun 2005 Insttitusi Penyelenggara Dinas Pendidikan Cabang Gunung Raya Tempat Lempur
Nama Diklat Yang Diikuti pelatihan karya Ilmiah Lama Diklat 4 hari tahun 2005 Insttitusi Penyelenggara Dinas Pendidikan Prov. Jambi Tempat Jambi
Nama Diklat Yang Diikuti Pelatihan Manajemen Sekolah Dasar Lama Diklat 6 hari tahun 2006 Insttitusi Penyelenggara Dinas Pendidikan Prov. Jambi tempat Jambi.
Nama Diklat Yang Diikuti Pelatihan Pendidikan Guru Propesional dan Penilaian Portopolio lama diklat 6 hari tahun 2007 Insttitusi Penyelenggara Lembaga Pendidikan Pembinaan Profesional dan karier tenaga educatif yogyakarga tempat yogyakarta
Nama Diklat Yang Diikuti Pembekalan Kepala Sekolah berprestasi Tingkat Prov. Jambi Lama Diklat 5 hari tahun 2008 Insttitusi Penyelenggara LPMP Jambi tempat Jambi.
IV. RIWAYAT PEKERJAAN
Jabatan Capeg, Tahun 1982 Tempat SD. No. 165/III Senyerang Tanjab
Jabatan Pegawai Negeri Sipil Tahun 1984 Tempat Sd. No. 165/III Senyerang Tanjab
Jabatan SK Pangkat II/b, Tahun 1985 Tempat SD. No. 165/III Senyerang Tanjab
Jabatan SK Pindah, Tahun 1987 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat II/c, Tahun 1989 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat II/d , Tahun 1993 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat Gol III/a , Tahun 1996 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat Gol III/b , Tahun 1998 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat III/c , Tahun 1998 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Kepala Sekolah , Tahun 2000 Tempat SD. No. 52/III Lolo Kecil Kec. Gunung Raya ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat III/d , Tahun 2002 Tempat SD. No. 52/III Lolo Kecil Kec. Gunung Raya ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat IV/a , Tahun 2004 Tempat SD. No. 52/III Lolo Kecil Kec. Gunung Raya ( Kerinci )
Jabatan SK Kepala Sekolah , Tahun 2006 Tempat SD. No. 270/III Lawang Agung Kec. Sungai Penuh Kab. Kerinci
Alasan pemilihan strategi pembecahan masalah
Upaya peningkatan hasil belajar siswa Sd. No. 270/III Lawang Agung oleh kepala sekolah adalah dengan peningkatan disiplin, peningkatan kemampuan guru, tarnaparansi pengelolaan keuangan, dan peningkatan hubungan kerja sama dengan komite sekolah.
Strategi ini sengaja dipilih oleh penulis sebagai Kepala Sekolah dengan alasan bahwa :
a. Dengan meningkatkan disiplin tenaga pendidik secara keseluruhan, baik ketetapan waktu ataupun ketepatan pelaksanaan pembelajaran, maka disiplin peserta didik dapat ditingkatkan pula.
b. Apabila peserta didik sudah memiliki rasa kepatuhan terhadap apa yang ditugaskan oleh guru ( tenaga pendidik)maka akan timbul keadaan pembelajaran yang kondusif antara pendidik dan peserta didik.
c. Dengan tindakan transparansi atau keterbukaan yagn dilakukan oleh kepala sekolah dalam pengelolaan keuangan,maka seluruh personil sekolah akan mersa senang dandapat memotivasi guru untuk berbuat lebih baik dalam proses pembelajaran.
d. Dengan meningkatkan hubungan kerjasama denganpihak komite sekolah, maka pihak komite sekolah akan lebih memperhatikan keadaan kebutuhan sekolah, baik sarana atau prasarananya. Karena komite sekolah merupakan badan independen yagn dapat memberikan bantuan kepada pihak sekolah untuk melengkapi kekurangan yang ada.
Hasil Atau dampak yang dicapai dari strategi yang dipilih
Tahun pelajaran 2005/2006.Pada awal penulis ditugaskan sebagai Kepala Sd. NO. 270/III Lawang Agung semester 1 tahun pelajaran 2005/2006, penulis mendapati jumlah murid 205 orang, sedangkan rata-rata daya serap siswa untuk lima mata pelajaran pokok yaitu bahasa Indonesia, PPkn, IPS, Matematika, dan IPA adalah 61,5 % pada pokok semester I. Sedangkan guru yagn ada 6 orang guru kelas, 1 orang guru agama, 1 orang guru penjaskes dan 1 orang penjaga sekolah.
III. PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Pendidikan didalam dan luar negeri
Nama diklat yang diikuti Latihan prajabatan Lama diklat 15 hari tahun 1984 Insttitusi penyelenggara Bupati Kepala Daerah Tanjab Tempat Kuala Tungkal.
Nama diklat yang diikuti Penataran Guru PMP Lama diklat 7 hari tahun 1985 Insttitusi Penyelenggara Depdikbut Prov. Jambi Tempat Kuala Tungkal
Nama diklat yang diikuti Panitia Jamran Gunung Raya Lama diklat 4 hari tahun 1990 Insttitusi penyelenggara Jambore Cabang Kerinci Tempat Sungai Medang
Nama diklat yang diikuti pelatihan Tutor Kejar Paket A Lama diklat 3 hari tahun 1991 Insttitusi penyelenggara SKB Air Hangat Tempat Semurup
Nama diklat yang diikuti Pramuka Mahir Dasar Lama diklat 8 hari tahun 1991 Insttitusi penyelenggara Kwartir Cabang Pramuka Kerinci Tempat Hiang.
Nama diklat yang diikuti Pelatihan Instruktur Tata Upacara Bendera diklat 3 hari tahun 1991 Insttitusi penyelenggara SKB Air Hangat Tempat Semurup.
Nama diklat yang diikuti Penataan P4 Lama diklat 3 hari tahun 1991 Insttitusi penyelenggara Talang Kemuning Tempat BP7
Nama Diklat Yang Diikuti Pelatihan Keterampilan merangkai Janur Lama diklat 3 hari tahun 1992 Insttitusi Penyelenggara Semurup Tempat SKB Air Hangat.
Nama diklat yang diikuti pelatihan Kader Bimas Kencana Desa Percontohan Lama diklat 2 hari tahun 1993 Insttitusi Penyelenggara Sungai Penuh Tanjab Tempat Balai Diklat KBN Jambi
Nama diklat yang diikuti Pelatihan Tutor Paket A Instensif Program Lama diklat 8 hari tahun 1993 Insttitusi Penyelenggara Sungai Penuh Tempat Depdikbud
Nama diklat yang diikuti Penataran PBM dan Pembinaan Guru/Kepala Sekolah Lama diklat 3 hari tahun 1993 Insttitusi Penyelenggara Pulau Pandang Tempat Depdikbud Kab. Kerinci
Nama diklat yang diikuti Pelatihan Tutor Paket A Instensif Program Lama diklat 8 hari tahun 1994 Insttitusi Penyelenggara Sungai Penuh Tempat Depdikbud Kab. Kerinci
Nama diklat yang diikuti Penataran Kurikulum SD. 1994 Lama diklat 3 hari tahun 1994 Insttitusi penyelenggara Lempur Tempat Depdikbud Kab. Kerinci
Nama diklat yang diikuti Penataran Peningkatan Kemampuan Tenaga Kependidikan Lama diklat 3 hari tahun 1995 Insttitusi penyelenggara Kerinci Tanjab Tempat Kanwil Depdikbud Prov. Jambi
Nama diklat yang diikuti Latihan Kerja Guru PPKN diklat 4 kali pertemuan tahun 1995 Insttitusi penyelenggara Sungai Penuh Tempat Depdikbud Kab. Kerinci
Nama diklat yang diikuti Pelatihan Penggunaan Alat Peraga IPA Lama diklat 3 hari tahun 1995 Insttitusi penyelenggara Lempur Tempat Depdikbud Kab. Keirnci
Nama diklat yang diikuti Penataran Guru Pemandu Matematika Lama diklat 7 hari tahun 1996 Insttitusi penyelenggara Jambi Tempat BPG jambi
Nama diklat yang diikuti Penataran Kader/Ketua Kelompok Dasawisma Lama diklat 12 hari tahun 2000 Insttitusi penyelenggara Kerinci Tempat Kuala Ketua Penggerak PKK Kerinci
Nama diklat yang diikuti KKG Lama diklat 12 hari tahun 2000 Insttitusi penyelenggara Kerinci Tempat Kanwil Depdiknas Prov. Jambi
Nama diklat yang diikuti Pelatihan Jantung Sehat Lama diklat 5 hari tahun 2000 Insttitusi penyelenggara Sungai Penuh Tempat Dinas PDK Kab. Kerinci
Nama Diklat Yang Diikuti Pembimbing / Guru Pamong Lama Diklat 9 hari tahun 2000 Insttitusi Penyelenggara SD.No 301/III Talang Kemuning Tempat Diploma III Stain Kerinci
Nama Diklat Yang Diikuti Orientasi Sedang Kamabigus Pramuka tahun 2003 Insttitusi Penyelenggara Kwartir Cabang Pramuka Kerinci Tempat Sungai Penuh
Nama Diklat Yang Diikuti KKG Lama Diklat 15 kali pertemuan tahun 2003 Insttitusi Penyelenggara Gugus Tempat Lempur
Nama Diklat Yang Diikuti Pembinaan Manajemen Kepala Sekolah Dasar Lama Diklat 6 hari tahun 2003 Insttitusi Penyelenggara Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kab. Keirnci Tempat Sungai Penuh
Nama Diklat Yang Diikuti KKG Lama Diklat 15 kali pertemuan tahun 2005 Insttitusi Penyelenggara Dinas Pendidikan Cabang Gunung Raya Tempat Lempur
Nama Diklat Yang Diikuti pelatihan karya Ilmiah Lama Diklat 4 hari tahun 2005 Insttitusi Penyelenggara Dinas Pendidikan Prov. Jambi Tempat Jambi
Nama Diklat Yang Diikuti Pelatihan Manajemen Sekolah Dasar Lama Diklat 6 hari tahun 2006 Insttitusi Penyelenggara Dinas Pendidikan Prov. Jambi tempat Jambi.
Nama Diklat Yang Diikuti Pelatihan Pendidikan Guru Propesional dan Penilaian Portopolio lama diklat 6 hari tahun 2007 Insttitusi Penyelenggara Lembaga Pendidikan Pembinaan Profesional dan karier tenaga educatif yogyakarga tempat yogyakarta
Nama Diklat Yang Diikuti Pembekalan Kepala Sekolah berprestasi Tingkat Prov. Jambi Lama Diklat 5 hari tahun 2008 Insttitusi Penyelenggara LPMP Jambi tempat Jambi.
IV. RIWAYAT PEKERJAAN
Jabatan Capeg, Tahun 1982 Tempat SD. No. 165/III Senyerang Tanjab
Jabatan Pegawai Negeri Sipil Tahun 1984 Tempat Sd. No. 165/III Senyerang Tanjab
Jabatan SK Pangkat II/b, Tahun 1985 Tempat SD. No. 165/III Senyerang Tanjab
Jabatan SK Pindah, Tahun 1987 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat II/c, Tahun 1989 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat II/d , Tahun 1993 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat Gol III/a , Tahun 1996 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat Gol III/b , Tahun 1998 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat III/c , Tahun 1998 Tempat SD. No. 301/III Talang Kemuning ( Kerinci )
Jabatan SK Kepala Sekolah , Tahun 2000 Tempat SD. No. 52/III Lolo Kecil Kec. Gunung Raya ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat III/d , Tahun 2002 Tempat SD. No. 52/III Lolo Kecil Kec. Gunung Raya ( Kerinci )
Jabatan SK Pangkat IV/a , Tahun 2004 Tempat SD. No. 52/III Lolo Kecil Kec. Gunung Raya ( Kerinci )
Jabatan SK Kepala Sekolah , Tahun 2006 Tempat SD. No. 270/III Lawang Agung Kec. Sungai Penuh Kab. Kerinci
No comments:
Post a Comment