mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

05 November 2006

Penutupan Festival Danau Kerinci




Kerinci-
Bupati Kerinci Fauzi siin mengemukakan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci bertujuan untuk mempromosikan potensi, investasi dibidang jasa pariwisata, Agribisnis dan infrastruktur serta memberdayakan ekonomi masyarakat,memperluas lapangan kerja/ usaha, mewujudkan visi Kabupaten Kerinci yang Madani.berbazis agribisnis yang tangguh, pariwisata Yang unggul.

Hal ini dikemukakan dalam acara penutupan festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci bertempat di Dermaga Sanggaran Agung-Danau Kerinci. 4 Nov 2006

Menurut Fauzi dalam upaya Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan hidup,dimana keindahan Danau Kerinci dapat dipertahankan,jika sumber air Danau Kerinci Taman Nasional Kerinci seblat dapat dijaga kelestarianya.

Bupati melaporkan, Festival Danau Kerinci dikunjungi Turki,Hongaria dan Palestina. Selama Festival digelar wisatawan Demostik dan manca negara datang berkunjung sebanyak 251.320 orang.

Menurut, Fauzi jika saja satu orang berbelanja masing-masing seratus ribu rupiah, maka uang yang beredar selama festival ini, 5,1 milyar rupiah, hinga mampu mendorong perkembangan ekonomi masyarakat.

Fauzi menyebutkan, ucapan terima kasih kepada Menteri Kehutanan. M.s Kaban atas alokasi dana gerhan tahun 2006, seluas 2.650 hektar. Yang dikelola 56 kelompok tani dengan jumlah peserta 2000.14 orang saat ini telah dilakukan persiapan penanamannya.dengan demikian Kabupaten Kerinci tinggal lagi 51.245 hektar, yang perlu dihijaukan kembali.

Dengan adanya kegiatan Gerhan ini memiliki arti penting sebagai salah satu pendukung pariwisata Kerinci. Karena pengembangan wisata Kerinci pada wisata alam.

Zulkifli Nurdin, Gubernur Jambi.dihadapan arena festival. Ia menyebut Kerinci yang indah permai, bagaikan Zwitrzerlan s dimusim Panas ,namun dibalik keindahanya yang terisolasi..Ini terlihat untuk ke Jambi 11/12 jam. Sementara ke Padang 6 jam.

Menurut gubernur, menteri telah melihat indahnya Kerinci diantaranya, Kayu Aro dan Danau Kerinci, yang menjadi persoalan, pengusaha yang datang dengan pesawat tidak bisa mendarat. Karena cuaca .meski telah ada perpanjangan landasan pacu.

Ia memberikan masukan untuk membeli pesawat Ils ( insumen landing system) penuntun pesawat dari udara. Dengan alat ini perjalanan udara, tidak lagi bolak-balik.karena cuaca, karena telah dituntut oleh alat ini untuk pendaratanya. Ia minta dukungan DPRD dan berbagai pihak.

Ia memuji, Kerinci orangnya ramah tamah. Ia minta kerukunan, persatuan dan kesatuan dijaga dan dipelihara. Meski berkembang informasi Kerinci tidak aman.karena benturan masyarakat dengan masyarakatnya.

“ Saya bicara ini, sebagai gubernur, karena saya mencintai dan mengagumi keindahan alam Kerinci” katanya.

Ia menyebutkan, Kerinci sebagai sebuah batu, berlian yang sangat berharga. Tiada ternilai harganya. Ia mau digosok. Agar putih, hingga memancarkan kemilau, betapa indahnya kerinci. Tiada negeri secantik ini di Indonesia.

Menyinggung PLTA Kerinci yang terancam gagal yang bermitra dengan Norwegia. Gubernur menyebutkan, program ditahun 2007 telah ada pengusaha lain yang menangani pembuatan proyek itu.

Insyaaalloh Program PLTA Kerinci tahun 2007 akan dilaksanakan . ini merupakan suatu rahmat” kata gubernur tanpa menjelaskan pelaksana proyek ini.


M.S. Kaban Menteri Kehutanan. Ia menyebutkan kunjunganya Kebupaten Kerinci telah empat kali.dengan kedatangan yang empat kali itu membuat selalu ingin kerinci. Kerinci memiliki keindahan tersendiri.

Menteri sempat berpantun Kayu Aro tempat rekeasi. Janganlah lupa Taman Asri Murni. Sudah lamo niat dihati ingin basuo dengan keluarga di Kerinci.

Menteri bercerita. Kala mengunjungi Kerinci dari Sumatera barat selama delapan jam. Dengan jalan berkelok dan berliku,melelahkan,namun kelelahan hilang setelah melihat keindahan Kerinci.

“ Danau Kerinci adalah sebuah anugerah, yang harus bisa kita bangun menjadi modal untuk memakmurkan Kabupaten Kerinci. Ini adalah modal yang harus kita kembangkan .Modal yang harus kita manfaatkan untuk menjadi sumber kesejahteraan itu”

Menteri menyebutkan, kalau orang datang ke pulau Bali. Yang dijual adalah keindahan pulau dewata. Dengan segala macam keindahan seni budayannya..Ia menyebutkan, kabupaten Kerincipun memiliki potensi sama, yang penting adalah setiap warga Kerinci harus rajin mengatakan “ Jangan mati dulu sebelum. Datang ke Kerinci”

Menteri mendapat informasi, bahwa telkomsel memberi perhatian khusus dengan Kerinci. Lantas saya bertanya. Kenapa telkomsel memberi perhatian khusus. Oh ternyata, warga Kerinci banyak yang merantua ke Luar negeri. Mereka bertelepon dengan telkomsel.

Menurut Menteri ini berarti, mencari naskah dinegeri orang dengan bertelpon dengan telkomsel. Ini berarti sumber rejeki bagi pihak telkomsel ,Namun demikian telkomsel wajib juga memberikan dan menyisihkan sebagian kepentinganya untuk masyarakat Kerinci ..

Menteri orang hutan .Ia Mensitir, hampir semua media cetak dijakarta dan manca negara sibuk memuat berita anak orang hutan . karena di Asutralia anak orang hutan melahirkan. Induknya mau dikembalikan ke habitat aslinya, Indonesia.

“ Satu ekor orang hutan membuat dili[put seluruh dunia. Itu baru satu ekor,kalau Kerinci diberitakan,karena adanya taman Nsional Kerinci Seblat,Kerinci akan terkenal diseluruh dunia,namun sayang orang hutan lebih terkenal ketimbang menterinya” kata kaban.

Ia bilang. Kalau orang hutan sakit,mati, terbakar orang sibuk memberitakan, kalau menteri kehutanan sakit.Gubertnur sakit. Bupati sakit orang diam-diam saja. Apa lagi Bupati tidak diliput sama Koran.

“ Kehadiran TNKS memberikan kontribusi terhadap kesehatan,coba bayangkan kalau kita masuk rumah sakit. Satu tabung oksigen dengan nilai rp. 200 ribu.kalau hutan masih bagus udara yang kita hirup segar. Tuhan tidak mengutip biaya apa-apa” Imbuhnya.

Tentang adanya orang adat yang peduli dengan hutan dengan telah mendapat penghargaan kalpataru “ Insaalloh, Departemen kehutanan akan membuat program, bahwa masyarakat adatlah yang diberi kewenangan untuk menjaga dan memelihara kawasan Taman Nasional

Kompensassi TNKS

Bicara tentang kompensasiTNKS kepada sejumlah wartawan diKerinci. Pihak Menteri Sedang dicari program yang tepat.karena banyak kawasan hutan ini disekitarnya telah terjadi perambahan. Unutk mencegah perambahan, memang. Prinsipnya, rumusan.formula kompensasinya yang belum dapat.tapi keinginan itu ada.

Hukum.

Urusan penegakan hukum dan penegakanya kita percayakan kepada Kapolda Jambi dan Menteri Kehutanan dan Mabes Polri. Kapolri akan memonitor seluruh proses penegakan hukum dalam kasus pembalakan liar dipercayakan kepada Kapolda Jambi.



No comments:

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

pepatah

Rm