mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

28 September 2006

Mistis dan realitas

Mistik realita

Kau jangan kesana nak. Didaerah itu, emas bertaring dalam lumut” Kata ayahanda. Kala anaknya mau menjelajah kepulau perca (Sumatera), dalam kunun (Kisah) Iskandar Zulkarnein.

“ Biarlah ayah, aku ingin mencari negeri indah. mohon restu” kata sang anak. “K alau begitu sudah menjadi tekadmu nak. ayah mendoakan” kata sang ayah dengan sedih.Seraya mengantar anak berangkat kenegeri nan jauh. Hingga hilang dari penglihatan.

Info Kerinci

Ekspose Endapan tembaga dan mineral

Bumi Kerinci

Kerinci- Ekspose hasil survey lokasi endapan tembaga dan mineral serta program oleh PT Tri Hegar Sakti Bandung, Hardja Tjahjadi drektur. serta pemaparanya dan rencana kegiatan digelar di Pemda Kerinci (26/8/06) lalu dengan menghadirkan Investor cina, Yang Baoyou.

Dalam laporan peninjuauan diwilayah Kerinci dan ikutanya daerah Siulak Deras Mudik dikecamatan Siulak Deras Kabupaten Kerinci oleh PT.Hegar Sakti Sakti Bandung menyebutkan dalam penyelidikan terdahulu, indikasi endapan tembaga atau mineral yang berasosiasi dengan tembaga secara regional diwilayalah Kabupaten Kerinci maupun daerah Siulak Deras Mudik dan sekitarnya ditunjukan dalam beberapa penelitian.

Tahun 1917 oleh De Jong, melaporkan, keterdapatan logam emas antara Sungai Penuh dan Tapan, dibagian barat luar wilayah ekslporasi. Dinas pertambangan dan enegi Propinsi Jambi ( 2003) : menunjukkan adanya butiran Mineral Sinnabar dia endapan Sungai bagian Sungai penuh.

Crown, Mjdk dkk (1993 ) menyajikan anomaly geokimia unsure As dan Cu pada endapan Sungai yang mengalir dibagian utara Sungai Penuh atau atau bermura pada wilayah usulan eksplorasi.

Rosidi.dkk (1979): memetakan geologi regional 1:250.000 lembar Painan dimana didalamnya terdapat intrusi batuan beku yang menerobos batuan gunung api tersier yang diduga berkaitan dengan pembentukan logam emas dan tembaga pada wilayah usulan kegiatan eksplorasi.

Rudi Gunrady, dkk (1996); menghasilkan anomaly geokimia Au dalam endapan sungai dan butiran emas dibeberapa lokasi pada cabang-cabang Sungai Siulak Deras didalam wilayah usulan eksplorasi.

PT. Ingold ( Laporan triwulan 1-IV 1998-1999 ): menjelaskan adanya indikasi endapan emas epitermal dan lokasi prospek tembaga tipe forfiri diderah Mudik didalam wilayah usulan eksplorasi.

Menurut hasil penyelidikan terdahulu, ditemukan singkapan mineralisasi logam tembaga, diantaranya dibagian selatan Siulak terang ( Barat daya Siulak deras) yaitu menyebar didaerah yang dibentuk antara dua zona patahan sejajar. Tembaga terdapat didalam urat-urat kwarsa dengan lebar dua meter.

Tembaga juga dijumpai dibagian selatan Siulak Deras pada zona patahan atau dibagian utara Mukaiputih dan utara Mukai Pintu, tepatnya hilir Sungai Mukai ujung, tembaga teramati berupa mineralisasi pirit-kalkopirit tersebar dua hingga 3% dalam batuan tufa tersilisifikasi dengan jurus, kemiringan 20 derajat pada zona selebar 50 meter dan ketebalan diperkirakan 50 hingga 70 meter.

Bupati Kerinci, Fauzi siin, diwakili Wakil Bupati Kerinci Hasani Hamid, mersepon potenssi Sumber daya Mineral dan energi Kabupaten Kerinci seperti, emas, tembaga, panas bumi, mata air, Granit, obsidian, kaolin, trass, zeolit, belerang, batu Gamping.sirtu,

Menurut Bupati, dalam pengelolaanya perlu perencaan matang dan penelitian yang kontinyu, memerlukan dana yang besar, baik tahap survey, penyelidikan umum,eksloprasi dan ekssploitasi.

Sumber daya mineral ini bersifat Unreneweable yaitu apabila ditambang, tidak dapat diperbaharui seperti semula, perlu adanya pengaturan, pengawasan dan kebijakan dalam pengelolaan dan pemanfatatanya agar tidak salah dalam pelaksanaanya.” Urai Fauizi.

Yang perlu diperhatikan, aspek perlidunngan hukum, pengelolaan, sumber daya manusia, pemasaran, pemberdayaan masyarakat, aspek pasca tambang.

Pada kesempatan ini Bupati memperkenal Keindahan Alam Kerinci, Gunung Kerinci, Teh kayu Arto, Danau Gunung Tujuh tertinggi di Asia tengara, air terjun telun Berasap, bukit kayangan yang sangat indah, Rawa Ladeh panjang, tempatr berkumpulnya, satwa burung liar.

No comments:

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

pepatah

Rm