mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

16 November 2010

Neggak rumah




Misterikerinci.Bategak rumah.Dulunya,adalah sebuah tradisi.Ada sebuah kearifan lokal dalam bategak rumah.Pasalnya,rumah adalah istana yang tempat bernaung dan berlindung.Karena itu pulalah,dalam pendirianya adalah makna tertentu.

Dalam bategak rumah.Sebelum lokasi didirikan ada istilah mendinginkan rumah.Alasan yang bisa diterima akal,agar makluk lain yang menghuni lokasi untuk pindah lokasi.Karena ada penghuni yang menempati lokasi.Dengan demikian ada ketentraman yang menghuni.
Hiasan manusi pada tiang utama rumah
Paling menarik sebelum rumah kayu didirikan.Pada tiang tengah soko guru utama dibentuk sebuah hiasan mirip manusia.Dihias sedemikian rupa,bagaikan sang gadis.Makna adalah sebuah pondasi adalah ibarat seorang gadis.

Didekatnya,kala tiang diangkat diperlukan wanita hamil muda,sebagaimana yang sangat dalam,bahwa membangun sebuah rumah sama dengan membangun sebuah rumah tangga.

Pada beberapa tiangnya diberikan buah-buahan berupa pisang,Tebu dan kelapa.Kala rumah itu tiang mulai didirikan,orang berebutan mengambilnya, dengan alasaan memberikan kemurahan rejeki.Tiangya diberi darah ayam, sebagai persembahan keselamatan.

No comments:

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!

pepatah

Rm