mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

30 October 2010

Lempur Tampil "minta Hujan" di FMPDK kerinci

Pada Zaman dahulu,pada abad ke 11 kepercayaan animisme masih kuat.Sebelum islam masuk.

Kala Kabupaten Kerinci dilanda kekeringan,hinga masyarakat kesulitan bercocok tanam.Masyarakat resah.Keresahan itu juga dirasakan oleh Pemangku adat.

Dengan maksud mencari solusi,maka berkembang dengan cara memangil pawang hujan.dimohon doanya,untuk dapat Menganugerahkan hujan.Pawang Hujan dengan kesedianya dengan mengunakan seajian."Hai jin dilaut dan digunung minta diturunkan hujan"Ujar Pawang,komat-kamit dengan mantera saktinya.

Ini sekelumit sinopsis Tarian dari penampilan dibawah naungan  lembaga pengembangan pengalian seni dan budaya kecamatan Gunung Raya dengan pelindung camat Gunung Raya,Penasehat para pemangku adat.Ketua,Indrawirman.spd.Anggota,Daswarsa,Eka,Trisna widada, Napolion,Syamsir alam,Meri Bustami.

Ide/Pencipta cerita dan penata musik ini dikembangkan oleh,Indrawirman,S.pd,Trisna widada,Penata gerak,Eka.Spd.Kemasan ini tertuang dalam sangar Renah Manjuto dari SMA 5 Kerinci-Gunung Raya-Lempur.

 Acara dan musik telah dikolaborasi dengan tarian musik tauh,alunan musik dan dep,gendang memiliki warna tersendiri.dan syarat dengan makna.Setelah hujan turun petani bergembira dan turun Kesawah.

No comments:

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!

pepatah

Rm