mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

30 June 2010

Tamasya Pulau Pandan

Misterikerinci-Pulau Pandan.Bila anda datang ke Pulau Pandan,Ranoh kincai Terlihat adalah hamparan sawah.Nuansa pertanian kian terasa.Namun sayang masyarakatnya masih diliit kemiskinan.Karena lilitan kemiskinan banyak warganya mencari nafkah ke negeri jiran Malaysia.


Bila menoleh pada kanan jalan, Pada Pinggiran sungai terpana dengan teknologi sederhana.Rasanya teknologi telah lama ditinggalkan pada era masa kini.Teknologi persawahanya,memang terkesan ramah dan tidak mengunakan bahan bakar,seperti bensin ataupun solar.
Pulau Pandan,potensi perlu dikembangkan dan dgali.
Teknologi yang mereka gunakan untuk mengerakan dan mengairi sawah mereka, hanya digerakan oleh air yang mengalir pada aliran sungai pinggir sawah mereka.Putaran turbin pada kincir air bikinan mereka mampu mengairi sekian hektar sawah masyarakat.

Bila menyelam pada kedalaman masyarakat pulau pandan.Ada cerita menarik,yang merupakan sebuah legenda yang masih tetap berkembang pada masyarakat Pulau Pandan dari dulu hingga sekarang.telah pula menjadi buah bibir masyarakat.

#Cerita Aneh.
Cerita ini terkesan magis dan aneh.Boleh percaya dan boleh tidak.Sebagaimana pengakuan,Pak egger,(40)warga Pulai Pandan.Bahwa di Pulau Pandan pada Bagian selatan terdapat bukit batu."Orang Pulau pandan mengenal dengan kawasan Tanjung Batu"Ujarnya membuka suara,Minggu,27 Juni 2010.
pak egger,petani,warga Pulau pandan.

Konon,Bukit ini telah dipercayai sebagai kediaman para dewa dan dewi atau lebih dikenal dengan dunia para bidadari.Dulu,bila ada warga yang hilang senja atau tidak pulang dalam beberapa hari.maka melalui dukun, dikawasan bukit Batu inilah,orang hilang di kembalikan.

"Konon,Bukit ini telah dipercayai sebagai kediaman para dewa dan dewi atau lebih dikenal dengan dunia para bidadari.Dulu,bila ada warga yang hilang senja atau tidak pulang dalam beberapa hari.maka melalui dukun, dikawasan bukit Batu inilah,orang hilang di kembalikan"imbuhnya.


Bahkan,katanya, ada seorang warga bernama,mama Adli,waktu itu umurnya masih sangat kecil,kini telah memiliki beberapa orang anak.Pernah hilang.Dibukit batu ini dicari dan ditemukan.

"Dibukit batu ini semua ada.ada mainan anak-anak dan kawasan sangat megah dan indah,bagaikan istana para raja-raja,begitu indah kemilaunya,Bbagaikan hamparan areal istana sangat luas.silau mata memandangnya"Imbuh,pak egger menirukan cerita mama Aldi.

Pengakuan cerita bukit batu ini,memang dibenarkan pula oleh Sanir,mantan kepala Desa,Pulau Pandan.bahwa Bukit batu ini dihuni oleh kerajaan para siluman."Memang daerah bukit batu ini,memang telah dinilai kawasan gaib dan keramat'tambahnya.

#Perang gaib.

Cerita bukit batu,memang terus berkembang dan mengambang.dalam sebuah peperangan para penghuni dari kerajaan bukit batu.Dalam konon dikisahkan,Peperangan dengan mengunakan batu sebagai peluru.

"Mereka mengunakan batu,sebagai peluru dalam peperangan dengan para kerajaan siluman dengan kawasan Bukit Patah tiga di Gunung Raya.Patah Tiga ini,karena tembakan peluru di Bukit batu,Batu pun berhamburan dalam peperangan para dewa kerajaan siluman masa itu,hampir mulai dari Bukit Kerman,Talang kemulun dan Talang Kemuning.Kita akan menemukan banyak batu besar berserakan disawah maupun di ladang penduduk"Tambah pak Eger berkonon.

#Jalan Ke Bukit Batu
Untuk mencapai Bukit batu tidaklah sulit.Datang aja ke Desa Pulau Pandan.Bisa menanyakan dengan masyarakat. masa perjalanan hanya 45 menit.Jalan ditempuh adalah jalan tikus. Kendaraan tidak bisa memasuki areal bukit batu ini.

Anda akan terheran-heran dengan kawasan bukit batu.Anda bisa memandang alam kerinci disamping dari Renah kayu Embun,kawasan ini bagian untuk memandang potensi alam kerinci.Hawa sejuk dan tiada polusi.

#Bisa intip burung
Dari kawasan Bukit Batu,bagi yang menyukai wisata tantangan dan petualangan sangat cocok.Dari kawasan ini bisa mengintip burung dan satwa-satwa darat lainya.Nikmati wisata kicau murai,dialam bebas ini.Hanya anda perlu membawa pemandu wisata.hinga anda bisa masuk dan pulang dengan selamat.

#Memancing ikan
Sudah letih dengan intip burung. Petualangan bisa dilanjutkan dengan memancing di Sungainya.Ikan barau dan medik.Umpan bisa cacing dan bisa mengunakan umpan dari jagung.Gunakanb kail bermata dua atau tiga.Buat menyukai kuliner bisa langsung memasaknya dipinggir Sungai.

#Hobby Photographer
Buat penyuka dunia photographer abadikan kenangan desa pulau Pandan dengan memotret objek alam yang tersedia.Membuat anda decak kagum.Bawa pulang gambar alam Kerinci.Katakan pada rekanan,aku ingin kekerinci lagi.Ikut bersamaku.

#Kuliner
kelelahan belum terobati.bisa menikmati ikan semah atau makan ikan bakar disanggaran Agung,Danau Kerinci.Sambil memandang danau kerinci.Atau mencoba menaiki speedbod, dengan bayaran hanya rp.5000 (lima ribu rupiah)

1 comment:

Pulau Pandanese said...

Pulau Pandan is still untouched and natural. A better management will surely lead to the flow of millions of natural resources. Pulau Pandan is a real secret valley laid in Kerinci.
Few would think about this. But, it's just time to wait that a great talented villager of Pulau Pandan will soon show off his fierce power against 'evil' that seems to spread his bad doctrine in a pure ground of where therein live thousands of innocence. He'll be there to bring peace and prosperity for his beloved motherland.
My lovely village, my home, my home sweet land.
Thank you for your kindness to post about Pulau Pandan. whoever you are, I am just so grateful.
Thanks a million.

ME...

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

pepatah

Rm