mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

27 December 2009

Duka dalam acara Kenduri adat Lempur Mudik.


Duka dalam acara Kenduri adat Lempur Mudik.
Minggu,27/12/009
Misterikerinci.
Foto Bawah.Kenangan Terakhir Dahril namis.

Misterikerinci-Dahril Namis (65).Depati Panjang Rambut Meninggal dunia Pada jam 11.30 setelah terhempas jatuh saat memberikan orasi dan sejarah acara tugeh Depati Lempur Mudik Dihadapan Bupati Kerinci,H.Murasman dan wakil Bupati Kerinci,H.Muhamad Rahman dan Sekda Kerinci,Dasra M.TP.rombongan disaksikan ribuan mata yang memadati Gedung Bina Jasa lempur Mudik.
Saat memberikan pidato dan sejarah tentang tugeh.ia terjatuh ke Belakang.kemudian dilarikan kerumahnya dan kemudian dibawa ke Rumah sakit Umum Sungaipenuh.Namun sayang beberapa saat ia dinyatakan telah meningal dunia.

Kenangan

Memang Dahril Namis termasuk tokoh yang tak bisa diam.Belum lagi terjun pada politik.Orang Berasal dari Golkar ini mencintai seni dan budaya.Cerita silaut dan silangit,sebuah cerita rakyat lempur,banyak lahir naskah dan skenario,yang berasal dari tanganya.
"Malam tadi 26/12/009,Memang,sangat sibuk mengaji adat beliau mungkin sangat lelah.Apa lagi acara kenduri adat.Beliau termasuk tokoh penting dalam adat Lempur Mudik umumnya.Mungkin kelelahan dengan pekerjaan" Ujar Harditon.
 " Memang pernah pingsan dikantor camat dan terjatuh,Mungkin penyakitnya kumat,darah tinggi dan sera nan jantung" Ujar balok,mantan kepala DEsa Selampaung menambahkan.Memang kita akui tokoh yang lasak dan tak mau diam dalam berkiprah dan berbuat.
Pernah pula waktu menjabat ketua PPPK Gunung raya dirawat disalah satu rumah sakit di Jakarta.Karena darah tingginya kumat,hingga membuat mulutnya mencong,namun tetap berkiprah."Mmemang pernah dirawat di salah satu Rumah sakit di Jakarta.Karena shok" Ujar Has,kawan akrab beliau.
Minggu,27/12/09
Misterikerinci 

 Empat orang dikukuhkan


Misterikerinci-Empat orang Depati dilempur secara resmi dikukuhkan secara adat alam Lekuk 50 Tumbi Lempur Gunung raya dalam acara Kenduri sko (27/12/009)Bertempat di Gedung Wisma Bina Jasa lempur Mudik.
Adapun orang dikukukan,Harditon Gelar Depati Anum.Gandi Gelar Depat telago.Yusuf Adid,SH gelar sutan Penghulu,Anum Sri Mangalo gelar Sutan salim.Pengukuhan dan Tokok canang dilakukan oleh Depati Lubuk Mas,Abd Gazi.
" Kita minta Para tokoh adat dan ninek Mamak untuk mengarahkan anak kemanakannya untuk dapat mengembangkan wawasan pemikiran untuk dapat menciptakan peluang kerja,Guna mendapatkan uang.Kita tidak boleh terlena lagi dengan Komoditi Gunung raya yang selama ini hanya mengandalkan kulit Manis." Ujar Bupati Kerinci,H.Murasman.Bahkan,kalau perlu katanya mengembangka tanaman seperti jagung,coklat dan tembakau.
Dalam acaranya ini berkembang wacana  untuk meneruskan pelaksanaan pembangunan jalan Masqo dan jalan menuju benteg Depatri parbo." Untuk jalan ini kita serahkan Kimpraswil untuk mengolah data,untuk dapat dimasukan dalam anggaran program 2010" Tambah Bupati.
Minggu,27/12/009
Misterikerinci.

Nurcayo"Ada yang Bisik"
Misterikerinci-Nurcayo.Itu Namanya.Soal pantun jangan tanya.Ia ahlinya,terutama dalam menciptakan pantun.Tapi jangan harap,Ia tak bisa." Saya tak bisa,kalau ditawar.Tapi kalau udah acara pantun datang sendiri.Ada yang bisik" Ujarnya pada Misterikerinci mencoba mengorek informasi.hampir setiap acara kenduri adat,ia selalu membawakan pantun.Tak Aneh,beragam acara adat dalam maupun keluar,ia selalu di percaya untuk memantau dan membuat pantun secara spontan." Siapa yang membisikan pantun"tanya Misteri " Itu Rahasia lho.Ingin tahu aja" Imbuhnya dengan santai..

No comments:

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

pepatah

Rm