mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

06 May 2008

Temuan purbaka di lolo





Menanam cabe
Ketemu gerabah

Sisa peradaban tua kembali ditemukan diareal seluas 5 hektar milik Afdalni Umar,warga Pasar kerman-Lolo Gedang tepatnya, dibukit Kerman-Renah Meluang.Kawasan ini adalah sangat berdekatan dengan Muak,sebuah negeri tua,yang banyak ditemukan sisa-sisa gerabah,yang telah dilindungi situs purbakalanya.

Pengakuan Afdalni Umar (40), warga Desa Lolo Gedang- Pasar Kerman.Penemuan ini tidak disengaja. Karena lahan miliknya,yang digunakan untuk menanam cabe.Dalam menanam cabe karena sulit mendapatkan air.

Ia lantas membuat lobang galian untuk menampung air hujan.Lobang semacam sumur ini dilengkapi dengan plastic,hingga air hujan tidak merembes,hingga menjadi sumur penampung.Namun secara tidak sengaja dalam pengalian dalam kedalam 70 centi meter hingga 120 cm dengan panjang 7 meter.lebar 4 meter dengan tinggi 1,5 meter

Ia menemukan keanehan.Karena ada benda-benda berbentuk kendi.Lantas rasa heran membuat dirinya ingin mengali lebih dalam lantaran rasa penasaran .Makin besar rasa penasaran makin banyak temuan.

“ Saya menemukan benda sisa gerabah itu secara tidak sengaja.Saya waktu itu membuat sumur penampung air, gunanya untuk menyiram tamanam cabe saya” Kata Afdal Suami Roza Hibrida ini.

Setelah bertemu dengan sisa peradaban ini.Pada tanggal 3-Oktober-2007 pertemuan pertama.Kemudian Ia langsung melaporkan ke Purbakala Museum Jambi 6/7 -10-2007 lapor ke Purbakala Jambi. Dan kemudian pada 7/8-10-2007 team dari Jambi ke lapangan untuk menindak lanjuti temuan itu.

Pada edisi tindak lanjut pada tanggal 5 s/d tanggal 14 April-2007 Team dari Arkeologi Palembang lakukan pengalian terdiri dari lima orang. Ditambah dengan tenaga delapan orang dari masyarakat setempat.Temuannya yang pertama yakni, berupa Tampayan,kendi, leontin keluang (Perunggu) dengan tinggi 7 cm.Diameter 10 cm.

Kemudian ditemukan lagi,berupa tempayan kubyuran besar sebanyak delapan buah serta batu Mecis,pemantik api, 1 buah. Buli-buli 1 bh ukuran menengah.Bulatan coin 2 buah.buli-buli ukuran kecil 2 buah.Pengalian yang dilakukan ini adalah pada 10 titik areal dikawasan 5 hektar.Dengan ukuran 5x10 terdapat 7 lobang galian.5 x 3 ada 3 lobang galian.


No comments:

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

pepatah

Rm