mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

09 August 2006

Sejarah dari kalbu Depati Jujun

SEJARAH DARI KALBU DEPATI JUJUN

Asal USUL DARI NENEK KALBU DEPATI JUJUN ADALAH BERASAL DARI JAWA MATARAM. DIANYA DUA BERADIK : 1. KAKAKNYA BERNAMA TUAN BUJANG 2. ADIKNYA BERNAMA DAYANG GADIS IKUT SERTA DALAM ROMBONGAN “PENGURANG (ANAK SEMANG) DUA ORANG : 1. LAKI-LAKI NAMANYA PENJUTO.2.PEREMPUAN NAMANYA AYU

BERANGKAT DARI JAWA MATARAM PERGI KE PALEMBANG, KEMUDIAN DARI PALEMBANG PERGI KEMUKO-MUKO, DARI MUKO-MUKO PERGI KE TALANG PETAI, DARI TALANG PETAI MEREKA TERUS PERGI KE SUATU RENAH, SAMPAI KESUATU RENAH TERSEBUT MATI ANAK SEMANGNYA PENJUTO. ITULAH SEBABNYA RENAH TERSEBUT DIBERI NAMA DENGAN RENAM PENJUTO.

KEMUDIAN KETIGA ORANG TERSEBUT BERJALAN LAGI HINGGA SAMPAI PADA RENAH YANG BANYAK JANIT, DINAMAKAN RENAH TERSEBUT DENGAN NAMA RENAH SEJANIT, DAN MELIHAT GUNUNG SATU SAJA, DINAMANYA GUNUNG TERSEBUT DENGAN NAMA GUNUNG BUJANG. KEMUDIAN MEREKA BERJALAN LAGI HINGA BERTEMU DENGAN UJUNG BATANG AIR, MEREKA BERTENANG / BERISTIRAHAT DI TEMPAT TERSEBUT DAN ADIKNYA INGIN MENETAP DITEMPAT ITU, MAKA DIDIRIKANLAH PONDOK , DITANAMNYA LIMAU MANIS, BUNGA-BUNGA DAN TEMPAT MANDI. TEMPAT TERSEBUT DINAMAKANNYA UJUNG TENANG.

KEMUDIAN KAKAKNYA TUAN BUJANG MINTA IZIN HENDAK BERJALAN, SEBELUM BERANGKAT DIA BERPESAN “ KALAU ADA ORANG YANG INGIN HENDAK KAWIN DENGAN KAU, HENDAKLAH DIBAKAR KEMENYAN PUTIH, BOLEH AKU TIBA ”. SETELAH MINTA IZIN, TUAN BUJANG PERGI BERJALAN PERGI KE LOLO, TIBA DI LOLO NENEK ORANG LOLO KEMATIAN ISTERINYA, DAN TINGGAL DUA BERANAK DENGAN ANAK GADISNYA, TUAN BUJANG DIPANGGIL SINGGAH KEPONDOKNYA.

DAN KEMUDIAN LAGI TUAN BUJANG BERJALAN LAGI KE PULAU SANGKAR, SAMPAI DISANA BERTEMU DENGAN ORAN RAMAI, KIRANYA DISITU ADA ORANG KEMATIAN ANAK GADIS, DIWAKTU TUAN BUJANG DUDUK DALAM ORANG RAMAI, TERBAU OLEHNYA BAU KEMENYAN. DIA MINTA IZIN LANGSUNG PULANG KE UJUNG TENANG. SETELAH SAMPAI DI PONDOK ADIKNYA TUAN BUJANG BERTANYA KEPADA ADIKYA DAYANG GADIS,

“ APAKAH BENAR KAU YANG MEMBAKAR KEMENYAN, ATAU TIDAK “. JAWAB ADIKNYA “ MEMANG BENAR AKU YANG MEMBAKAR KEMENYAN. “APAKAH SEBABNYA KAU MEMBAKAR KEMENYAN”, TANYA TUAN BUJANG. “ ADA ORANG YANG HENDAK KAWIN DENGAN SAYA”, JAWAB DAYANG GADIS, “ KALAU BEGITU LEBIH BAIK KITA JEMPUT ORANG TUA KITA KE JAWA MATARAM”, KATA TUAN BUJANG.

TUAN BUJANG KEMBALI KE JAWA MATARAM. SAMPAI DISANA AYAHNYA SUDAH TIADA ATAU SUDAH MENINGAL DUNIA. HANYA IBUNYA SAJA YANG MASIH HIDUP, NAMA IBUNYA MARIAM. SETELAH MEMBERI TAHU TENTANG ADIKNYA MAU KAWIN, MAKA IBUNYA MEMBERI IZIN PADA ADANYA TUAN BUJANG UNTUK MENGAWINKAN ADIKNYAKNYA. KEMUDIAN TUAN BUJANG KEMBALI KE UJUNG TENANG.

SETELAH SAMPAI DI UJUNG TENANG, DI PONDOK ADIKNYA, DIBAKARNYALAH KEMENYAN PUTIH, KEMUDIAN DATANGLAH SEORANG YANG GAGAH DAN TAMPAT, YANG NAMANYA WALI ALLAH. SETELAH MENDAPAT KATA SEPAKAT, MAKA DILANGSUNGKANLAH PERKAWINAN ANTARA WALI ALLAH DENGAN DAYANG GADIS.

WALIA ALLAH DENGAN ISTERINYA DAYANG GADIS MEMPUNYAI SATU ORANG ANAK, NAMANYA DAYANG SETI. DIWAKTU DAYANG SETI MANDI BERLIMAU, AMPAS LIMAUNYA DIHANYUTKAN DI MUARO UJUNG TUO. SEWAKTU SAGINDI KUMBANG MANDI KEBETULAN DITEMUKANNYA ADA AMPAS LIMAU DIHANYUTKAN OLEH AIR DAN SAGINDO KUMBANG BERPENDAPAT BAHWA ADA PULA ORANG YANG DIAM DI HULU BATANG AIR INI.

SETELAH SAGINDO KUMBANG MANDI, DIA PULANG KEPONDOKNYA LALU DIGANTILAH PAKAIAN, LANGSUNG MUDIK KE HULU SUNGAI BATANG AIR JUJUN. SETELAH SAMPAI DIHILU BATANG AIR JUJUN, DILIHATNYA ADA TEPIAN, ADA RUMAH, ADA KEBUN BUNGA DAN ADA KAIN BASAH. KEMDUIAN DIA MANDI DAN SETELAH SELESAI DARI MANDI DIA BRPAKAIAN KEMBALI, BERSISIR, BERGURIH DITEPIAN TEMPAT MANDI.

SEWAKTU AYU TURUN KEHALAMAN DILIHATNYA ADA SEORANG LAKI-LAKI DITEPIAN, LANGSUNG KEMBALI KERUMAH DIBERITAHUNYA KEPADA DAYANG GADIS DAN DAYANG SETI. LANTAS DAYANG GADIS DAN DAYANG SEATI MENYURUH MEMANGGILNYA KEPONDOKNYA.

SETELAH SAMPAI, 4 DAN 5 HARI BERDIAM DI RUMAH TERSEBUT, LANTAS SAGINDO KUMBANG MELAMAR HENDAK KAWIN DENGA DAYANG SETI. DIBAKARNYALAH KEMENYAN PUTIH OLEH DAYANG GADIS MAKA TIBALAH WALI ALLAH DAN TUAN BUJANG, KAENA WAKTU ITU WALI ALLAH DAN TUAN BUJANG TIDAK BERADA DIRUMAH. KEMUDIAN DILANGSUNGKANLAH PERKAWINAN ANTARA SAGINDO KUMBANG DAN DAYANG SETI.

SAGINDO KUMBANG DAN DAYANG SETI MEMPUNYAI TIGA ORANG ANAK YAITU :

1. RABIYAH MEH

2. RABIYAH BULAN

3. RABIYAH MELUR

SEWAKTU SAGINDO KUMBANG MASIH MEMPUNYAI SATU ORANG ANAK, YAITU : RABIYAH MEH, SAGINDO MEMBAWA ANAK ISTERIYA KE UJUNG TUO TEMPAT SAGINDO KUMBANG SEMULA. DAYANG SETI MENYURUH SUAMINYA SAGINDO KUMBANG UNTUK BERANGKAT LEBIH DAHULU, DAN BARU KEMUDIAN DIA DAN ANAKNYA MENYUSUL. SETELAH SUAMINYA SAGINDO KUMBANG BERANGKAT, MAKA DAYANG SETI MENGGENDONG ANAKNYA DAN DILENTUKNYA MANAU KUNING JADI TITIAN KE UJUNG TUO. SAGINDO HERAN MELIHAT ANAK DAN ISTERINYA LEBIH DAHULU SAMPAI DI UJUNG TUO.

DAYANG SETI MELARANG SUAMINYA MEMBUKA TUTUP PERIUK. SEWAKTU ISTERINYA TIDAK DI RUMAH YAITU PERGI MANDI KE AIR, MAKA SAGINDO KUMBANG MEMBUKA TUTUP PERIUK KIRANYA BERISI AOR. SETELAH ISTERINYA KEMBALI KE .PONDOK DIA SANGAT MARAH, MKA DIGENDONGKANLAH ANAKNYA DAN DILENTUKKANNYA MANAU KUNING JADI TIAN PERGI KE HIANG. SAMPAI DIHIANG BERJUMPA DENGAN SEORANG LAKI-LAKI DAN BERKATA-KATA DENGAN LAKI-LAKI TERSEBUT (DENGAN ISTILAH SEKARANG NENK HIANG HILANG DIHALAMAN), KEMUDIAN DILENTUKNYA LAGI MANAU KUNING, SAMPAILAH DIA DUA BERANAK DI UJUNG TUO. KEMUDIAN SUAMINYA KEMBALI JUGA KE UJUNG TENANG DAN MENETAPLAH MEREKA SEKELUARGA DI UJUNG TENANG, KEMUDIAN MEREKA MEMPUNYAI DUA ORANG ANAK LAGI.

SETELAH ANAK-ANAKNYA DEWASA MAKA DIKAWINKANNYA DENGAN ;

1. RABIYAH MEH DIKAWINKANNYA DENGAN RIO JAUH

2. RABIYAH BULAN DIKAWINKANYA DENGAN RIO TINJAU

3. RABIYAH MELUR DIKAWINKANNYA DENGAN RIO JEMPUT

RABIYAH MEH DENGA RIO JAUH MEMPUNYAI SEORANG ANAK YAITU : MEH BALI. SETELAH DEWASA MEH BALI DIKAWINKAN DENGAN M. NUR GELAR DEPATI JUJUN TULANG TUNGGAL.

SETELAH BERTAHUN-TAHUN MENETAP DI UJUNG TENANG, OLEH KARENA BANYAK GANGGUAN BINATANG BUAS DAN KENDALA LAIN. LANTAS MENGUNGSI KE MUARO (KE UJUNG TUO). KEMUDIAN OELH KARENA DI UJUNG TUO TIDAK DIIZINKAN UNTUK TEMPAT TINGGAL MAKA M. NUR GELAR DEPATI JUJUN TULANG TUNGGAL BESERTA ANAK ISTERINYA, LARI KE KETENGAH MENCARI TEMPAT UNTUK MENDIAM, UNTUK MELATIH NEGERI, TEMPAT ITU DINAMAKANNYA DENGA DUSUN MALAKO KECIL (DENGAN ISTILAH SEKARANG DENGAN NAMA DUSUN LAMO JUJUN).

M. NUR GELAR DPATI JUJU TULANG TUNGGAL DENGAN ISTERINYA MEH BALI MEMPUNYAI DUA ORANG ANAK YAITU : 1. SAMINA DIKAWINKANNYA DENGAN GUSTI GELAR DEPATI JUJUN 2. RUSNI DIKAWINKAN DENGAN HARUN (PUTUS WARIS)GUSTI DENGAN SAMINA MEMPUNYAI SATU ORANG ANAK YAITU SAIMA.SAIMAH DIKAWINKAN DENGAN TUNGKAT GELAR DEPATI JUJUN ANAK DARI SAIMAH DENGAN TUNGKAT MEMPUNYAI DUA ORANG ANAK, YAITU :1. GADIS ATEM 2. TUAH

KEMUDIAN GADIS ITEM DIKAWINKAN DEANGAN SAPINDO GELAR DEPATI JUJUN.

SAPINDO DENGAN GADIS ITEM MEMPUNYAI SATU ORANG ANAK, YAITU UPAH. UPAH KEMUDIAN DIKAWINKAN DEANGAN SIGAU GELAR DEPATI JUJUN. SIGAU DAN UPAH MEMPUNYAI SATU ORANG ANAK YAITU BERNAMA MANGKA.

MANGKA KEMUDIAN DIKAWINKAN DENGAN LINGGANG GELAR DEPATI JUJUN LINGGA DENGAN MANGKA MEMPUNYAI TIGA ORANG ANAK, YAITU : 1. SEMBAI SUAMINYA M. TAWA 2. GAGIK SUAMINYA HAJI MARAJO 3. HAJJAH KADARIAH SUAMINYA HAJI SUTAN TAHAR M. TAWA DENGAN SEMBAI MEMPUNYAI TIGA ORANG ANAK, YAITU : LINGGUK SUAMINYA TUPANG GELAR DEPATI JUJUN, NINIK MAMAKNYA SUTAN TAHAR GELAR RAJO BATUAN

1. HAJI MARAP HAJI LIMAH HAJI MARAJO DENGAN GAGIK MEMPUNYAI TIGA ORANG ANAK, YAITU :1. HAJI LIMAH 2. HAJI TAHAR GELAR DEPATI JUJUN (DIPEGANG OLEH ANAK JANTAN) DENGAN NINIKMAMAKNYA HAJI THAIB GELAR RAJO BATUAH 3. HAJI YUSUP HAJI SUTAN TAHAR DENGAN HAJJAH KADARIAH MEMPUNYAI TIGA ORANG ANAK, YAITU :1. HAJI M. LAZIM 2. HAJI DARUSSMIN 3. DAREK LUNGGUK MEMPUNYAI ANAK EMPAT ORANG, YAITU ;1. ZAINAB 2. GADIS ITEM 3. HAJI KALSUM4. HAJI TIJAH HAJI TIJAH KAWIN DENGAN HAJI AHMAD GELAR DEPATI JUJUN, DENGAN NINIK MAMKNYA M. IZIN GELAR RAJO BATUAN. SETELAH ITU YANG MENJADI DEPATI JUJUN ADALAH ; HAJI ABU BAKAR GELAR DePATI JUJUN (SUAMI DARI DAREK), DENGAN NINIK MAMAKNYA ARIF GELAR RAJO BATUAH.

WARIS DARI ZAINAB : HAJI RABOKIAH ANAKNYA SITI RAMLAN BERSUAMIKAN DENGAN HASYIM GELAR DEPATI JUJUN, DENGAN NINIK MAMAKNYA AHMAD RATO GELAR RAJO BATUAH. WARIS DARI HAJI LIMAH YAITU HAJI SAUYAH, ANAKNYA YANG MENYANDANG PUSAKO ADALAH HAJI RAINAH BERSUAMIKAN HAJI GUSLI GELAR DPATI JUJUN, DENGAN NINIKMAMAKNYA HAMZAH GELAR RAJO BATUAH. ANAK DARI DAREK ADALAH SAMSIAH, ANAK YANG MENYANDANG PUSAKO ADALAH RAMANI BERSUAMIKAN HAMZAH GELAR DEPATI JUJUN, DENGAN NINIK MAMKNYA KADIR GELAR RAJO BATUAH.

PADA TAHUN 1978 DINOBATKANLAH HASMIT MEMEGANG GELAR DEPATI JUJUN YANG KE 14, DENGAN NINIK MAMKNYA SAMSIR GELAR RAJO BATUAH. HASMIT MEMEGANG GELAR DEPATI JUJUN ADALAH SUAMI DARI DAHNIAR WARIS SITI RAMLAN.

PADA TANGGAL 6 MAI 2005 HARI JUM’AT MALAM SABTU MAKA DI NOBATKANLAH IKHSAN BIN MAJID UNTUK MENJADI DEPATI JUJUN YANG KE 15 DENGAN NINIK MAKA JUPREN BIN TENGKU WALAT, MENJADI NINIK MAMAK RAJO BATUAH IKHSAN BIN MAJID MEMEGANG GELAR DEPATI JUJUN. WARIS DARI HAJI SAWIYAH DARI KALBU KAGUIK YANG MENYANDANG PUSAKO DEPATI JUJUN ADALAH PADA ISTERI DAN YANG MENJALANKAN TUGAS ADALAH SUAMINYA, DAN BERGELAR DEPATI JUJUN.

MENURUT SILSIALAH SEJARAH DEPATIU JUJUN SAMPAI SAAT INII TELAH TERCATAT 15 KALI GANTI GILIR ORANG-ORANG YANG MEMANGKU GELAR DEPATI JUJUN. SEJARAH DARI KALBU DEPATI JUJUN, DALAM NEGERI JUJUN DIBUAT DIATAS RUMAH ADAT DEPATI JUJUN, DIHDAPAN ANAK JANTAN ANAK BATINO.

SEJARAH INI DISALIN DARI ASLINYA PADA TANGGAL 6 JUNI 2006

JUJUN, 6 JUNI 2006

DEPATI JUJUN

1. IKHSAN BIN MAJID GELAR DEPATI JUJUN

2. JUPREN BIN TENGKU WALAT NINIK MAMAH RAJO BATUAH

3. ANAK JANTAN DEPATI JUJUN

1. SUMBAU

2. SYAMSIR GELAR DEPATI JAYO

3. BAHTIAR JAFAR

4. KAMIL MUSLIM

5. SARTONI NAWI (ANAK BATINO DEPATI JUJUN)

No comments:

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

pepatah

Rm