mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

09 January 2008

Danau Kaco lempur

Cantik nian dikau.Gadih Kincai

Lihat vidionya

diakhir tulisanya.

Legenda dan cerita rakyat tumbuh dan berkembang.kali ini misteri kerinci mengajak anda menelusuri cerita rakyat Lempur dan misteri yang ada di danau kaco.cerita ini dari berbagai sumber.yang layak dipercaya.

Gunung Raya-Misterikerinci Puti suluh makan adalah seorang wanita cantik dizamannya. Puti suluh makan berasal dari Tanjung Gagak, berdekatan dengan Muara air Dikit atau Ujung Buki Pematang suo. Dusun Tanjung Gagak dikuasai raja gagak. Nama gagak diambil dari nama sejenis burung yaitu burung gagak.

Puti suluh makan menurut kunun dilahirkan didusun Tanjung Gagak dan dibersarkan disana. Menurut riwayat sebelumnya “ Puti suluh makan “ bernama putrid letak ( maaf, kemaluan ) melinta kenapa diberi nama demikian ?.Sebab diberi nama melintang karena ada keanehan pada kemaluan atau vagina, adapun yang terdapat pada kemaluan adalah melintang. Dengan keanehan letak vagina itulah maka diberinama letak melintang.

Wajah cantik, dimiliki oleh gadis letak melintang ini membuat para pemuda dan anak-anak remaja yang ada di desa Tanjung Banuang Dusun Tinggi dan Tanjung Kasri Kegirangan. Dalam wilayah pemuncak nan tigo kaum, punya keinginan atau jatuh cinta kepada puti letak melintang, sehingga namanya begitu populer seantaro negeri itu.
Karena kecantikan dan kemolekannya banyak anak-anak raja dan pemuda waktu itu berkeinginan melamarnya.. Namun Puti Letak Melintang setiap lamaran diterima oleh Bapaknya sulit sekali raja gagak menolak lamaran. Sehingga lamaran sudah bertumpuk membuat raja gagak bingung siapa diantara mereka diterima lamarannya.

Titipan tanda ikatan janji seperti emas dan intan diberikan anak raja dan pemuda seantaro kawasan negeri itu kepada Puti letak Melintang telah memenuhi kendi kecil, terbuat dari tanah.Keinginan anak raja dan pemuda terhadap puti membuat cerita pada versi lain pada ayahna Puti Letak Melintang juaga jatuh hcinta pada anaknya, hingga membuat niat durjana dan gilanya bangkit, bahkan ingin menikah dengan anaknya untuk dijadikan isteri.

Makin hari keinginan menikahni anak makin kuat, maka akhirnya niat jahat untuk mesum dengan anak sendiri diketahui oleh isterinya, rupanya terjadilah pertengkaran antara raja gagak dengan isteri, serta timbul niat jahat membunuh isterinya.Setelah isterinya meninggal raja gagak membawa anaknya Puti untuk pindah ke Gunung Kunyit bagian barat, dipinggiran Sungai Manjuto. Kemudian menetap disana dan mendirikan desa, sekarng masih ada bekas atau peninggalan didesa itu diberi nama Dusun Batong Limok Purot.

Kawasan yang dihuni oleh Raja gagak dan anaknya puti beserta rakyatnya tidak aman untuk tinggal disana, karena diganggu oleh ular yang banyak sekali, baik dalam maupun luar rumah. Merasa tidak aman tinggal di negeri itu, maka raja gagak membawa anaknya lari dari rakyatnya dengan membawa emas dan intan yang dipersembahkan sebagai tanda ikatan janji dari anak raja dan pemuda setempat yang tersimpan di kendi tanah.

Sewaktu dibawa lari, tidak beberapa lama kemudian, konon kabar waktu itu anaknya hamil oleh bapak sendiri. Kemudian raja gagak punya rencana ingin pergi ke Tanjung Kasri. Setelah sampai di Muara Lambing Sungai Manjuto, raja gagak membatalkan niatnya.Kepergian raja gagak hendak menyembunyikan emas dna intan dalam kendi ke dalam lubuk Muara Labing ,setlah disembunyikan beberapa saat ternyata tidak bisa. Karena membiaakan cahaya kemilau pada alam sekitarnya. Dengan demikian kelak takut diambil siapa saja yang akan lewat dekas sana “ kalau saya simpan, karena kemilau pada alam sekitar, nanti diambil orang. Lebih baik saya simpan di tempat yang lebih aman” Kata Raja Gagak membathin

Kemudian Raja Gagak mengambil kembali kendi Guci tadi dan berjalan mengikuti Arus Sungai Manjuto-Lempur, tidak beberapa jauh dari Sungai Manjuto Raja Gagak menyembunyikan emas dan intan didasar Danau Kaco.“ Saya simpan didasar Danau Kaco Saja.Inikan jauh dari pantauan orang “ Kata Raja Gagak dengan membenamkan ke Dasar Danau Kaco.

Bahkan menurut riwayat Kendi Emas dan Intan yang berkilau didasar Danau Kaco diyakini masyarakat setempat masih tersimpan didasar Danau Kaco Itu. Percobaan pengambilan emas ini telah membuat Lisyuar Yusuf warga Koto Payang meninggal dunia.Kemudian setelah Raja Gagak menyembunyikan atau menyimpan emas dan intan di dasar Danau Kaco, maka melanjutkan perjalanan menuju Bukit lintang. Beserta anaknya “ Puti Letak Melintang “ setelah sampai di puncak bukit lintang. Raja gagak berpikir panjang dan panik. Karena anaknya sudah hamil dari perbuatannya sendiri disisi lain memikirkan emas da intan sudah banyak diambil dari tanda ikatan cnta dari anak-anak raja.

Karena sudah hamil dan sangat malu, maka raja berpantun “ Bukit Lintang, kena cahaya matahari pagi. Puti Letak Melintang bila membawa membikin intang ( problem ) bila ditinggal membawa sedih hati" Aku malu pada diriku dan pinangan orang kutolak. Lebih baik aku membunuh Puti Letak Melintang “. Katanya membathin dalam hati. Setelah Raja Gagak Berpantun, kemudian ia memotong dan membunuh anaknya dengan keris.

Puti Letak melintang dimakamkan di Puncak Bukit Lintang, tepatnya dipuncak Bukit Lintang kanan jalan Ipuh-Lempur. Sementara terdapat Buyang tapan yang selalu dibawanya dan berupa sebentuk jangki. Barang tersebut terbuat dari bambo kepunyaan bukit melintang bergulir dan jatuh kearah bukit giwo.Konon, Buyang ini menjelma menjadi ular sawo, ular besar.

Versi lain berkembang, Puli suluh Makan bila makan dalam gelap telunjuk jarinya bercahaya, bagaikan lampu ( suluh ). Cerita lain, buyang tapan yang menjelma jadi ular bisa diketemukan bila anda menempuh perjalanan ipuh lempur. Cerita ini diangkat dari cerita rakyat lempur ( sumber terpilih )

video

1 comment:

Anonymous said...

dEdy
detroitgorbachev@yahoo.com
085669827948
om Critonyo mNarik,,wKtu dLempur di bLum prNah dengar Crito kya gini,hee
salam dari dedy anak pak un,,hee

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

pepatah

Rm