mk

Easter Text - http://www.eastertext.com

fm

p

Sekilas info

Misterikerinci-Aksi kelulusan siswa di Kerinci dengan aksi corat-coret.

27 November 2008

Tari rangguk kumun


MisterikerinciSejarah Kumun tak terlepas dari pengaruh-pengaruh kerajaaan yang berkuasa disekitar Kerinci pada umumnya.Seperti kerajaan Pagaruyung di Sumater Barat. Dan kerajaan melayu Jambi di Muara takus.

Hal ini di tandai beberapa situs purba yang menandai adanya pertemuan-pertemuan yang melambangkana adanya pengakuan oleh raja-raja kedua kerajaan tersebut.Dari zaman itu berkembang dengan pesat seni dan budaya yang berasilimasi dengan perkembangan budaya islam dari kedua kerajaan tersebut.

Kecamatan kumun Debai terbentuk dari sembilan desa yang terbentang dari desa Air Teluh yang berbatasan dengan kecamatan Sungai penuh sampai ke Desa Renah kayu Embun di kaki Gunung Raya yang berbatasan dengan Bengkulu. Dan didesa Debai mempunyai sejarah tersendiri pada masa penjajahan Belanda diujung Timur yang berbatas dengan Setinjau Laut.

Kumun Debai dengan jumlah penduduk 14.826 jiwa dimana roda perekonomian yang mengerakkan segi-segi kehidupan 75% adalah pertanian,dengan sifat gotong-Royong yang telah mendarah daging,kental dengan unsure seni dan budaya.


Tari Rangguk

Tari rangguk terus dilestarikan hingga sekarang,sebagai asset daerah dan memperkaya budaya nasional.Tari rangguk dibawakan oleh remaja-remaja putrid dengan membaea rebana.Rabana adalah artinya Rab,tuhan. Penari mengunakan khas kerinci yang disebut kuluk berhiaskan 40 cincin dan 9 kunci yang berhiaskan manik-manik yang berkilau.

Tari Piring

Tari piring sangat kental dengan nuansa magis.Penari adalah putra-putri yang masih remaja.Gerakan yang ditarikan ada gerakan silat.Ada gerakan lompat harimau,Salto,memutar Piring.Gerakan tarian lebih pencak

Tari keris cupak

Berfoto dulu sebelum mengelar tarian nuansa heroik kerinci.yang mengambarkan wanita perlu bangkit dulu mengusir penjajah.Sekarang mengisi kemerdekaan. Seni Budaya kerinci sangat banyak perlu terus dikembang dan digali potensinya.Dalam rangka menyembut wisatawan dan menjadikan kerinci sebagai daerah tujuan wisata dunia.


Misteri Kerinci-Tari Keris.Yang ditarikan oleh gadis cupak-Kecamatan Danau Kerinci.Menurut Sinopsis,yang ditulis oloeh, Zaihir Havis, Alkisah,dalam kisah di desa Cupak Danau Kerinci.pada saat tanah Sakti aAlam Kincai dijajah Belanda. Hiduplah seorang Hulu balang gagah perkasa.Namanya,Inzan Depati,yang beristerikan seorang ratu,Yakni Meh Alam.

Pada saat ratu berjalan ditaman istana,Datang seorang prajurit mengantarkan sepucuk surat,dari patih Inzan depati. Sang ratu membuka surat dengan penuh gundah. Surat berisikan kabar kesedihan seorang panglima perang,Inzan Depati telah tewas di medan perang.

Tak lama kemudian.Ratu mengambil sebuah keputusan,untuk melatih para wanita untuk turut membela negeri. Wanita dengan penuh semangat menyambut baik usulan sang ratu.Sang ratu menyiapkan keris, peningalan leluhur untuk berjuang di medan perjuangan.

Keris diasah,Keris diasap dengan kemenyan.Kemudian secara bersama ikut mengusir penjajah.Mereka berperang,mereka berjuang,mereka pejuang harus dikenang hingga sekarang.Merekapun menang.

Jalan Kerinci terkendala


Alih teknologi 12 M Paket

Jalan Kerinci terkendala

Misterikerinci-Pelaksanaan proyek jalan senilai 12 milyar dikabupaten Kerinci terancam mengalami keterlambatan dalam proses penyelesaian akhir pekerjaan.Masa tengang proyek hanya tinggal satu bulan lagi.Para kontraktor berburu meyelesaikan paket pekerjaan.

Nuzirwan.Pelaksana tugas bidang jalan pada kimpraswil kabupaten Kerinci dikonfirmasi Misteri kerinci (22/11) masih optimis dapat menyelesaikan pekerjaan akhir sejumlah proyek jalan dikabupaten Kerinci.

“ Kendala utama kita adalah perubahan alih teknologi dari manual pada teknologi otomotik.ini terlihat dari AMP yang kita miliki,tidak bisa dipaksakan dalam melaksanakan pekerjaan,terutama dalam proyek pengaspalan jalan di kerinci. Semua proyek jalan baik APBD maupun APBN mengunakan alat ini.Semua mereka harus antri” ujarnya.

Karena alat ini satu-satu ada dikerinci sangat berhati-hati dalam melaksanakan pekerjaan.Karena kalau tidak, paket pekerjaan yang demikian banyak. Pengerjaan perlu keahlian operator.Apa lagi kalau rusak.Suku cadang tidak ada di Kerinci.

“Karena alat ini satu-satu ada dikerinci sangat berhati-hati dalam melaksanakan pekerjaan.Karena kalau tidak, paket pekerjaan yang demikian banyak. Pengerjaan perlu keahlian operator.Apa lagi kalau rusak.Suku cadang tidak ada di Kerinci” tambahnya.

Nuzirwan meminta agar mempertimbangkan untuk melakukan perpanjangan masa waktu pengerjaan proyek jalan ini pada 2009 mendatang.” Kiranya,kalau bisa untuk dapat memperpanjang masa waktu pengerjaan proyek pada 2009 mendatang”ujarnya berharap.

Sementara dari kontraktor pemborong jalan Talang-Kemuning Emi membenarkan"Saya aja dapat nomor antrian sembilan untuk mendapatkan antrain olaha mesin AMP" Ujar Emi.

25 November 2008

Air Panas


Sumber Air Panas


Objek ini terletak di Kecamatan Air Hangat.Jarak dari Kota Sungai penuh 11 Kilo meter.Air panas yang keluar dari perut bumi hasil vulkanik kepundan Gunung Kerinci.Dengan luas permukaan 15 meter persegi membentuk kolam kecil selalu mengepulkan uap.Dari permukaan air bisa digunakan untuk merebus telur dan pisang.

Tersedia pula kolam kamar mandi air panas. Aliran telah dimodifikasi dengan air panas suhu rendah.Bisa berendam dalam bak mandi ini.Bagi yang mengalami penyakit kulit sangat cocok untuk mandi berendam dikolam air panas ini.


Bukit Kayangan


Bukit Kayangan

Bukit kayangan adalah objek untuk melihat kerinci dari areal perbukitan. Siang hari kita dapat menikmati kicauan burung yang bersautan dan suara siamang, sedang kan pada sore hari hembuan angin terasa begitu merdu bersemilir da tempat ini juga cocok di kembangkan sebagai lokasi olahraga Gantole , trecking

Dan padang perburuan taman bukit khayangan terletak di kecamatan sungai penuh dengan jarak lebih kurang 13 km dari pusat kota. Objek wisata yang sama dengan pandangan yang berlainan arah teradat di objek wisata Anjung Banio Bukit Kutinggang yang terletak di antara Desa Sungai Abu Kecamatan Air Hangat Timur

Air terjun


Air terjun

Air terjun telun berasap merupakan objek terletak berbatas dengan solok selatan-Kabupaten Sumatera barat.Objek ini dapat dicapai dengan kendaraan roda 4. Jarak objek dari kota kabupaten Kerinci 60 Km. Sumber air terjun ini dari Danau Gunung tujuh melewati tebing terjal lebih kurang 50 meter.Objek wisata ini merupakan suatu kawasan yang sangat menarik. Banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan wisatawan asing . Butiran – butiran uap air menyerupai asap membentuk pelangi, berwarna indah takala matahari memantulkan sinarnya

Untuk mencapai lokasi terdekat harus melalui tangga telah ditata dengan baik, selain itu dikabupaten kerinci terdapat juga beberapa air terjun cukup menarik dan memiliki daya tari sendiri , seperti: air terjun tujuh tingkat di desa koto lebuh tinggi kecamatan gunung kerinci , air terjun tujuh belas tingkat terletak didesa Sungai Medang kecamatan Air hangat timur , terjun pancaro rayo dan Air terjun pancaro gading yang terletak di desa lempur danau dan desa pulau tengah kecamatan keliling danau dan beberapa Air terjun lainnya

Danau Kerinci



Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan danau terbesar dikabupaten kerinci dengan luas.4.200 ha dari sepanjang pantai dapat dilihat pemandangan yang indah ketengah danau dimana dapat melihat para nelayan menangkap ikan.


Danau bagi warga sekitar adalah sebagai sumber mata pencaharian.Hasil tangkapan ikan dijual.Penangkapan ikan ramah lingkungan.yang unik adalah menangkap ikan dengan menyelam pada kedalaman danau,tanpa oksigen,terutama malam hari.Kawasan ini bagus untuk aktivitas untuk memancing,berenang.Areal sekitarnya bisa digunakan untuk berkemah.Danau ini terletak ditengah lembah kerinci berjarak 16 kilo meter dikota Sungai Penuh.Danau ini tempat berkumpul burung belibis.

Masjid Keramat

Masjid keramat

Masjid keramat ini terletak di Pulau Tengah-Kecamatan Kelilinng Danau.Masjid ini adalah masjid tertua yang didirikan abad 18 tepatnya pada tahun 1860 dibangun secara gotong royong oleh masyarakat setempat.Masjid berdinding dulun bambu beratap ijuk. Dinamai masjid keramat.Karena telah beberap kali mengalami kejadian aneh.Tercatat tahun 1903 dan tahun 1939.Desa Pulau tengah dibumi hanguskan oleh belanda,masjid ini selamat.1942 kejadian gempa bumi masjid ini selamat.

Kemudian belanda mengantikan lantai dan dinding dengan marmer yang didatangkan dari kincir negeri angin.Keunikan,Masjid ini dilindungi dengan keluarnya undang-undang ordonantie STBl 283/1937.Masjid ini dalam konsruksi didalamnya,terdapat tiang besar ditengah-tengah Masjid, melambangkan soko guru.

24 November 2008

Ira swara

" Kagum dengan Keindahan alam Kerinci" Ujar Ira swara

" Goyang Yuk non"
Terlibat pula kawula muda,pengemarnya untuk ikut melantunkan lagu " kamu ketahuan' dan berdilaog dengan penuh gembira





" Saya kagum melihat keindahana alam Kerinci,serta gadisnya cantik-cantik"Ujar Ira swara pada acara pangung Hiburan festival masyarakat Peduli danau Kerinci disangaran Agung(23/11).

Ira sempat melantun lagu majaeu kincai dengan bahasa terbata-bata
" saya mohon maaf,bila dalam pengucapan masih terbata-bata" kata Ira menambahkan
.

Festival Danau Kerinci ke IX

Para duta besar negara sahabat yang turut menghadiri
acara pembukaan festival danau ke IX dikabupaten Kerinci(23/11) disambut dengan kalungan bungo oleh anak Bujon gadih kincai.Kedatang mereka naik pesawat Foker 50 denan co.pilot.Kartiono dan kapten,Drajat prihatna.Berlabuh perdanda dibandara Depati parbo.jam 14.34.




Misterikerinci.Festival Masyarakat Peduli danau Kerincike IX secara resmi di buka Bupati Kerinci.Fauzi siin.Bertempat Tepian danua kerinci(23/11/08) Sanggaran Agung.Festival dihadiri oleh duta besar Argentina Mr.Javier Agusto sant de urquiza.Dana duta besarBosnia Herzegovina,Mr.Dinko Tomac. Serta duta besar Palestina,Mr.Nail.Mahmoud.Gubernur jambi di wakili Assisten II.Seta Propinsi Jambi H.Hasan Kasim SH.

Bupati Kerinci.Fauzi Siin dalam pidatonya mengungkapkan, tujuan penyelengaraan Festival masyarakat peduli danau Kerinci adalah sebagai upaya untuk meningkatkan gerak pengembangan kapariwisataan yang tidak hanya bertumpu pada kondisi alam,tapi diperkaya dengan aktraksi seni dan budaya tradisional.

Suatu kenyataan,kata fauzi ,sektor wisata secara nasional telah berhasil menjadi penghasil devisa terbesar setelah minyak bumi dan gas.diharapkan sektor ini menyumbang lebih besar guna mendukung program nasional secara umum khususnya propinsi Jambi.Menurutnya,untuk mengembanngkan kepariwistaan tidaklah semudah membalik telapak tangan,tapi membutuhkan waktu yang lama dengan finansial yang cukup.

"Sebagai Gambaran wisata bali telah dikenal sejak tahun 1931 oleh wisatawan luar negeri terutama di daratan Eropa dan Amerika,tetapi untuk memperkenalkan indonesia dengan objek wisata lainya,belum memenuhi harapan, orang lebih banyak kenal Bali dengan kepariwisataanya dari pada indonesia dengan pariwisatanya yang memiliki keragaman" ujar. Fauzi.

Fauzi akhiri sambutanya dengan pantun

Gunung Kerinci nampaknyo gagah
tegak berdiri menjulang tinggi
Bila hati kito sedang gundah
Jadikan Kerinci pelipur hati

Danau bernama danau Kerinci
Berkilau cahaya waktu pagi
bila anda menginjak bumi Kerinci
Siang terkenang,Malam menjadi mimpi

Indah pemandangan bukit kayangan
Temnpatnya tinggi serta mendaki
Kalaulah ada pelayanan kami yang tak berkenan
jangan disimpan diubuk hati

Syukur kela barjo" uang beredar dikerinci 23 milyar"

" Kunjungan wistawan kekerinci pada tiap even dari tahun 1999 hingga tahun 2008.telah mencapai 2.34 ribu orang.Bila rata-rata mereka berbelanja 100 perorang.Mulai dari akomodasi,transportasi.Uang beredar dikerinci telah mencapai 23 milyar" Ujar Syukur Kla barajo dalam laporanya,selaku penjabat Dinas pariswisata dan kebudayaan kerinci.

Gubernur Jambi diwakili oleh Asisten II,Hasan kasim dalam arahan menghendaki agar dalam melayani wisatawan perlu menjaga sikap ramah dan rasa aman."Karena semegah apapun objek wisata bila tidak bisa menciptakan rasa aman dan nyaman,Bagaiaman mereka bisa datang" Ujar Gubernur.





21 November 2008

Pilgub

BURSA PILGUB JAMBI SUDAH MULAI Ramai

Misteri kerinci- Pilgub Prop Jambi pasca Zulkifli Nurdin mulai menghangat, banyak tokoh yang sudah bermunculan, disamping para Bupati aktif sampai mantan Bupati muncul tokoh lainnya seperti Kemas Arsyad (rektor UNJA), H. Muradi Darmansyah (pengusaha Nasional asal Kerinci), Hazrin Nurdin dari Partai Amanat Nasional, dan mereka sudah mulai mengadakan pendekatan baik melalui Parpol maupun kemungkinan jalur Independent.


Bahkan disamping tokoh tersebut, sekarang ini muncul lagi tokoh Kerinci saat sebagai pengusaha nasional seperti Mairizal Meirad merupakan sang tokoh yang diusung oleh “perahu masyarakat” yang sempat tidak mendapat perahu Politik pada Pilkada Kerinci, namun aspirasi masyarakat sebagai perahu kembali disuarakan oleh masyarakat yang menyampaikan ke beliau menginginkan beliau untuk maju pada Pilkada Gubernur Jambi,

disamping itu Budi Satria Isman (alumni The George Washington University di Washington, DC, Amerika Serikat tahun 1987.) saat ini Presiden Direktur PT. Sari Husada Tbk, nominator sebagai CEO (chief executive officer) terbaik Indonesia versi majalah SWA tahun 2008 dan juga finalis Pimpinan Business Terbaik Asia yang diselengarakan oleh CNBC Amerika Serikat untuk tahun 2007/2008, yang telah sukses memimpin berbagai Perusahaan multi Nasional, baik dalam negeri maupun luar negeri, merupakan enterpreneur dan motivator bisnis handal scala internasional adalah anak dari seorang tokoh Pendidikan Nasional berasal dari Kerinci yaitu Prof Yakub Isman, yang banyak berkiprah di Propinsi Sumatera Barat ini terpanggil untuk mengabdikan diri di Tanah Kelahirannya Propinsi Jambi Kerinci.

Munculnya tokoh-tokoh dari Kerinci Jambi Wilayah Barat memang bukan tanpa alasan, dari kajian demografi politik, geopolitik bahwa masyarakat Kerinci yang berada di Kerinci dan luar Kerinci dalam Propinsi Jambi cukup signifikant baik sebagai Guru, Pegawai, buruh, Mahasiswa, pengusaha, Transmigrasi dll dari kota sampai ke pelosok desa di Propinsi Jambi, yang sedikit banyak menjadi masyarakat yang berpengaruh dimana mereka berada, disamping itu memang setiap Calon Gubernur pada setiap priode Pemilihan melirik dan mengadakan pendekatan ke masyarakat Kerinci

Menurut Syamsul Bahri,SE Pengamat di Jambi, dengan muncul dan bangkitya tokoh-tokoh Kerinci pada Pilkda Gubernur Jambi saat ini, merupakan sebuah bentuk kebangkitan Kerinci untuk menciptakan dan mengukir sejarah dan membangun di Propinsi Jambi, dan disadari bahwa tokoh Kerinci yang muncul seperti Muradi Darmansyah, Mairizal Meirad, Budi Satria Isman, dll yang sudah mengabdi di tingkat Nasional terpanggil untuk membangun Jambi, dengan berbekal pengalaman Nasional dan Internasional tentunya memiliki nilai plus untuk membangun Propinsi Jambi,

Karena di negeri orang saja sudah bisa membangun apa lagi di negeri sendiri, ditambahkan oleh Sdr. Syamsul Bahri, SE secara nasional Kabupaten Kerinci memiliki gudang tokoh yang berskala nasional dan Internasional berjuang dan bekerja di luar Prop Jambi, seperti Prof Firwan Tan, Dr. Rizal Jalil, Prof Sudirman dll.

"Di negeri orang saja sudah bisa membangun apa lagi di negeri sendiri, secara nasional Kabupaten Kerinci memiliki gudang tokoh berskala nasional dan Internasional berjuang dan bekerja di luar Prop Jambi, seperti Prof Firwan Tan, Dr. Rizal Jalil, Prof Sudirman " urainya.


Seni dan budaya

n
Anak remaja Kerinci jangan
bugil depan kamera

Misterikerinci-Film dokumenter bercerita tentang Kehidupan kerinci mulai mengapung.Gagasan wenddy,Seorang remaja Kreatif ingin membangkit" batang terendam" Kerinci.

Gagasan yang tergabung dalam remaja kreatif mengajak melihat film diserta dengan riset lapangannya." saya ingin membangkitkan batang terendam" ujar Wenddy (20/11) pada Misteri kerinci.

Film karya kreatif ini akan diputar di Gedung nasional sering festival masyarakat Peduli danau Kerinci 23/29 Nov 2008.Judul filmnya dengan lokasi seputaran danau kerinci dengan judul" Orang perairan".

Film ini bagus untuk di tonton guna membangkit potensi alam sekitarnya.Karya lainya,Yang adat yang dijaga,dan penomena chating remaja.Sedankan film dokumenter yang adat yang dijaga pernah ikut kompetisi di metro TV dapat nominasi nomor 2." kita pernah dapat juara dua distasiun metro Tv belum lama ini" aku Wendy.

kreatif wendi ini,anak makan sekolah di Aski Padang Sumbar ini mencoba menyelam pada kedalaman jiwa" Kerinci"Memang diakui potensi film dokumenter untuk kerinci,memang banyak hal yang perlu digarap, dan sumber ada pada alam sekitarnya" aku Wendy.

Wendi dengan tujuh rekanan pendiri kreatif Lainuna ini membuka kesempata pembuatan film dengan Hp dan kemera dan fotograpi terhitung dari tanggal 1 Nov s/d 31 Desember. dengan mengangkat tema:" Anak remaja Kerinci jangan bugil depan Kamera"

20 November 2008

PDAM


Pemda Kerinci tak punya Dana
Murady siap Inves 7 Milyar ke PDAM Kerinci


Misterikerinci-" Kita terkendala dana, dalam hal pengembangan usaha Air segar.Produksi PDAM Tirta Sakti Kerinci.Kini PDAM Tirta Sakti mampu memproduksi dalam satu bulan 10 ribu doz.Jadi sangat perlu dana segar untuk peningkatan, Karena melihat membengkaknya permintaan pasar yang belum bisa dilayani PDAM Tirta sakti Kerinci".Hal ini disampaikan Suprawady, Bidang teknik pada PDAM Tirta Sakti Kerinci diruang kerjanya (19/11).

Menurutnya,Meski pihak PDAM Tirta Sakti Kerinci telah mengangkat persoalan ini.Namun nampak belum mendapat perhatian serius Pemda Kerinci,terutama dalam hal pendanaan untuk pengembangan air segar kedepan" Kita telah mengangkat persoalan ini.Namun belum mendapat respon dari pemerintah daerah.Jelasnya, Pemda Kerinci tidak punya dana " ujarnya.Permintaan Air segar berdatangan dari Bangko, Jambi, itu belum bisa kita penuhi" Permintaan dari Luar, memang cukup banyak, belum bisa kita penuhi"katanya menambahkan.

Bahkan menurut Suprawady sudah ada pihak bersedia kerjasama dengan PDAM Tirta Sakti Kerinci dengan nilai investasi 7 Milyar" Murady Darmansyah, pernah bicara untuk siap menginvestasikan dananya 7 Milyar dengan membuat kerjasama " Ujar Mengakhiri(Jon)

18 November 2008

Kupem cair


Kupem Kerinci cair
Misterikerinci- Bupati Kerinci menyerah 6 kelompok tani untuk kredit usaha pemberdayaan masyarakat di Aula pemda kerinci.Bantuan Kredit usaha pemberdayaan ini diberikan kepada Sektor perikanan Muhako,berupa kolam ikan didesa Telago keliling danau dengan jumlah pinjaman rp. 20 juta.



Kelompok ternak taman tujuh jenis usaha sapi potong,desa Hiang Tinggi,Setinjau laut Rp. 136 juta. kemudian Kelompok wanita tani maju jaya Desa lempur Mudik-Gunung Raya Rp.38 juta.

Kelompok industri,neti Ermita.Usaha Dodol kentang.lubuk na godang kec. Siulak rp. 24 juta.Bidang perdagangan Yeni Kusumawati,desa pondok Tinggi dengan nilai Rp.10 juta.

Sektor Koperasi desa Punai Merindu kecamatan keliling danau Rp.50 juta." Kita harap bantuan yang diberikan mampu dikembangkan dan pengembalian tepat waktu" ujar Bupati(18/11) pada sambutanya.

Muradi memilih hanura

Apa yang kau cari Murady?

Misterikerinci-Murady darmansyah memilih hanura sebagai partainya. Apa yang maksudnya memilih partai Hanura,sebagai kendaraan politik.Pada hal .ia telah mapan.Punya duit.Malah menceburkan diri pada partai. Tunggu kupasanya.

Rumah Purbakala


Nasrul Maddin"Rumah Depati Parbo Asset daerah"

Misterikerinci-Gonjang-ganjing pembangunan rumah Purbakala Depati Parbo desa lolo Kecil-Gunung Raya.Telah mengalami penyelesaian dalam pembuatannya. Rumah Purbakala ini didanai dana APBD Kerinci yang dilakukan oleh pelaksana proyek Cv.Primadona pembangunan dengan nilai Rp. 373.669.000.

" Rumah ini adalah asset daerah, sebagai peninggalan pahlawan kerinci" Ujar Nasrul Maddin ketua DPRD Kerinci,yang sekaligus cucu Depati Parbo.Meski pemerintah Kerinci telah berusaha memperjuangkan agar Depati Parbo dimasukan dalam ketegori pahlawan nasional.Namun Realisasi itu belum menunjukan hasil.

Selebritis


Jelli" Saya memilih jadi guru"

Misterikerinci- lama tidak terdengar gaungnya,Jelli pelantun lagu Betung Gayung sangat populer dikerinci. Ia Aartis kondang,Kuliah teknik telekomunikasi di Sumatera barat tamat tahun 2005. Alumni Unand padang ini ,Kini memilih jadi guru bahasa inggris disalah satu sekolah di kerinci.kenapa?

" Saya memilih jurusan bahasa inggris dengan kuliah di STKIP Kerinci tamatan 2006.disamping langka guru bahasa inggris juga senang mengajar dalam bahasa inggris" ujarnya ditemui di ruang protokoler Pemda kerinci(18/11/008)

Kebetulan masih setia pada gawe nebeng pada protokoler Bupati pada pemda kerinci." Positif ni nulisnya" ujar menambahkan bahwa diri sempat membuat lagu pelita hati yang tidak di cdkan." hanya kasetnya aja" akunya dengan santai.

Fauzi bicara


Fauzi siin jadi Gubernur ?
Kompensasi Co2

Misterikerinci-Isu yang menguat dan berkembang di tengah masyarakat Kerinci dan Jambi untuk mengusung fauzi siin untuk menjadi Gubernur atau cawagub jambi.Keinginan untuk mencalonkan fauzi siin ini datang baik dari kalangan lembaga masyarakat maupun dari kalangan lawan politiknya,Syafril Alamsyah.

Apa jawab Fauzi Siin?“ Saya tidak berminat untuk baik menjadi gubernur maupun calon wakil gubernur.Jadi wakil bae berebut.Apa lagi jadi Gubernur.Namun demikian saya memilih beristirahat ” Hal ini menjawab pertanyaaan sejumlah wartawan liputan Kerinci dalam sebuah jumpa pers di ruangan Bupati Kerinci dipemda kerinci (18/11-008) berdasarkan sejumlah aspirasi yang berkembang ditengah masyarakat kerinci maupun disejumlah HHK kerinci diluar.

Menurutnya, memang kita perlu tokoh kerinci yang bisa memperjuangkan kerinci.Apa salahnya, kalau Sayfril Alamsyah atau yang lain punya potensi untuk jadi cawagub atau Gubernurnya."kita perlu tokoh kerinci yang memperjuangkan kerinci, apa salahnya, syafril Alamsyah kita calonlan atau yang lainya,juga ada Mairizal mairad " Ujar fauzi menambahkan.

Masalah yang sempat mengemuka dalam jumpa pers ini adalah kompensasi Co2.Karena kerinci adalah paru-paru dunia" Daerah kita berada di kawasan taman nasional kerinci seblat,tentu co2 yang kita produksi,perlu pertimbangan dan perjuangan agar diberi kompensasinya" Imbuh Fauzi.

17 November 2008

Provil Azhari

foto Azhari bersama Gubernur Jambi,Zulkifli Nurdin dan menteri pertanian.Usai raih kejuaraan






Azhari peraih Nominasi dua
lomba Kepala BPP Tingkat propinsi

Misterikerinci-Azhari,warga Pulau tengah, kepala Badan penyuluhan pertanian-kecamatan keliling danau,berhasil keluar sebagai juara dua tingkat propinsi Jambi. Dalam lomba pertanian tanaman pangan.Keluar sebagai juara dua tingkat propinsi jambi mengukir sejarah baru bagi pengembangan kreatifitas dan kepedulian pada komoditi pertanian tanaman pangan,kerinci khsusnya.

Juara yang diraihnya, dalam pertanian tanaman pangan, dalam hal pengembangan varietas pada cherang.Berupa peningkatan produksi dengan varitas unggul biasa 4 ton dikembangkan menjadi peningkatan 5-6 ton dalam sekian hektar.

" Saya kembangkan kreatifitas dan penyuluhan yang tiada henti pada petani binaan hinga terjadi peningkatan produksi padi petani jenis cherang misalnya, biasanya mendapat hasil 4 ton dikembangkan menjadi 5-6 ton dalam sekian hektar ada peningkatan produksi" Ujarnya pada Misteri kerinci (17/11-08).

Pengembangan konsep dilakukan dengan accuan pemikiran " kejar bolla" serta kerjasa dengan berbagai pihak,pembinaan dengan selalu memberikan motivasi pada petani binaan untuk terus mengembangkan inovasi untuk mendapatkan hasil pertanian secara maksimal.

"Pengembangan konsep dilakukan dengan acuuan pemikiran kejar bola serta menjalin kerjasama dengabn berbagai pihak.pembinaan dilakukan dengan memberikan motivasi pada para petani binaan untuk terus mengembangkan inovasi untuk mendapatkan hasil pertanian secara maksimal" tambahnya.

Kawasan binaanya terdapat prestasi beberapa kejuaraan,yakni petani berprestasi juara pertama kabupaten Kerinci.Juara 3 tingkat propinsi Jambi." Dalam tengang beberapa hari ini akan datang team dari Jakarta dan Jambi untuk penilaian lomba Administrasi"imbuhnnya.##

15 November 2008

Selampaung perlu


Selampaung
perlu sentuhan

Misterikerinci-Mawardi,kelahiran 02-Juli-1964, Kini menjadi kepala Desa Selampaung kecamatan Gunung Raya.Memang daerah ini berada dipenghujung yang membutuh sentuhan kebijakan.Dengan jarak kekota kecamatan delapan kilo meter dengan lintas kabupaten 84 kilo meter.

Jarak yang jauh.Pemda perlu kepedulian dalam membangun Selampaung sebagai kawasan sentra pertanian dengan membangun jalan menuju sentra" Saya pernah mengusulkan jalan usaha tani dari Desa Selampaung menuju Air Mumu sepanjang 2 setengah kilo.Namun masih ditunggu realisasinya" ujar kepala Desa Selampaung,Mawardi kepada Misteri (15/11/2008).

Jumlah penduduk dengan 254 kepala keluarga, 130 orang kategori miskin, memang membaca peluang untuk mengarap lahan tidur yang terdapat didesanya." Desa saya ada 100 hektar lahan sawah tidur,Pernah diajukan kepada pemerintah daerah. Namun belum ada realisasinya,masyarakat sangat berharap" Ujarnya menambahkan.Didesa ini terdapat hutan yang masih diperlihara dengan luas 43,4 hektar dari luas wilayah 9,5 hektar.

Sekretaris Desa,Wandarlis, dikonfirmasi misterikerinci,dalam pengelolaan anggaran dana desa menyebutkan, dalam pencairan tahap pertama 50% dengan nilai 36.718.650. tahap dua,30% dengan nilai 22.031.190. tahap tiga 20% dengan nilai 14.687.460." dana ini yang dipergunakan untuk membangun desa, didalam ada program fisik dan pemberdayaan" Ujar wan.

12 November 2008

Almuddin,pencipta lagu

Mendayu dalam keprihatinan

Misterikerinci- Allmudin.Seorang pencipta lagu Kerinci.Cukup dikenal,memang.banyak album lagu kerinci yang telah diluncurkan dipasaran,hingga ke manca negara, Malayisa, misalnya.Dalam melahirkan album, tidak seorang diri, kerja bareng bersama rekanan seprofesinya, Marzan Jufri, Dirval Neddy, Anwar Riko.“Dalam berkarya, saya banyak dibantu rekanan seprofesi diantaranya, Marzan Jufri,Dirval neddy,Anwar Riko”membuka bicara dengan Misteri Kerinci.

Akrab disapa “Mude”Arti kata, memang terkesan ketenaran atau model,disenangi semua orang.Mudah bergaul dan akrab.Pendiam juga suka pada selera Humor” Sebagai pelepas lelah” akunya pada Misterikerinci.Lelaki kelahiran Koto Majidin, tahun 1965. anak ke IV dari enam bersaudara.Memiliki tingi Badan 163.Berat badan, 64.

Membaca bait namanya. Ia memulai dengan huruf (Mu). Lelaki ini, mengakui, kelahirannya, membawa sifat seni.”Kesenangan pada seni keindahan.Indah itu damai, dilihat bagus. Dan terhibur.”imbuhnya.

Pada Bait ( Din ) .Ia sebutkan, didunia ini. Ia dianugerahkan sebagai penyair dan pengembang seni. Ini terlihat, semenjak sekolah dasar senang menyanyikan lagu kerinci dan suka tale.

Tale sekarang ini telah diangkat menjadi syiar lagu modern.dengan mengedepan melo (mendayu) “ Sejak sekolah dasar sudah suka Tale atau melo.Tale.Melo telah dikemas dan diangkat menjadi lagu modern yang mendayu” tambahnya.

Mencermati perkembangan lagu kerinci” Yang membuat kecewa adalah, lagu-lagu yang dibajak secara mudah, apalagi diabad sekarang ini.Kita telah membuat dan mencipta enak saja lagu kita di copy dengan mudah.Itu membuat saya sedih” katanya penuh prihatin.Pingin mendapatkan kaset dan kenal penciptanya call 085253844466.






07 November 2008

Tokoh adat.Mimpi jadi kenyataan

Mimpi tokoh adat Kerinci
jadi kenyataan

Misterikerinci-Boleh percaya boleh tidak. Orang menyebutkan, Mimpi adalah bunga tidur.Namun demikian mimpi adalah realitanya di alam nyata.Pelaksana tugas Masril,wali kota Sungai penuh.Misalnya. Telah diberi Sinyal dari Alam gaib. Bahwa dirinya mendapat kehormatan. Namun sayang. Mimpi tidak hanya dialami Masril. Tapi dialami oleh rekanan sohib karibnya.

Sinyal Dunia gaib

Seperti mimpi dialami, Hasril Maizal,Dpt, warga Pondok Tinggi-Sungai Penuh kepada Misterikerinci(5/11).Diceritakanya. Tiga bulan lalu.Sebelum Masril jadi Peltu wali kota Sungai penuh.

Orang berlarian

Dalam suatu peristiwa dalam mimpi itu, terlihat dalam ribuan orang berlarian secara massal.Bagaikan suasana perang.Semua orang focus berlarian menuju sebuah bukit.Sementara dalam ribuan orang itu, Masril dengan penuh semangat. Orang pertama terlihat, Masril menancapkan bendera merah putih dipuncak bukit.

Menuju bukit

“ Dalam mimpi itu, saya melihat kerumunan orang berlarian ke sebuah bukit , Namun demikian terlihat dalam kerumunan sambil berlarian membawa bendera.Masril orang pertama yang menancapkan bendera merah putih disebuah bukit” Ujar Hasril.

Mimpi juga dialami Masril sendiri,dalam tenggang bersamaan

Mimpi berkunjung ke Istana

Ketemu SBY

Mimpi dirinya dan keluarga berkunjung ke istana negara. Ia bertemu langsung dengan Susilo Bambang Yudoyono dengan pakaian kotak-kota warna hijau .Dalam suana santai pertemuan ditengah anak-anak yang berlarian.Kemudian muncul Ny.Ani Yudoyono” Biarlah anak-anak itu.Kita kan keluarga” Ujar Masril menirukan Ny.Ani.

Mimpi berpagutan dengan Zulkifli Nurdin

Mimpi kedua,dirinya berpagutan dan saling cium dengan Zulkili Nurdin,Gubernur Jambi. Dalam sebuah kunjungan.” Saya berpagutan dan ciuman Zulkifli Nurdin,dalam sebuah pertemuan” Ujar Masril.Mimpi ini Masril ceritakan dengan Zulkifli Nurdin belum lama" Mudah-mudah" ujar Gubernur Zulkifli Nurdin dengan senyum.


06 November 2008

Syamsurizal,Keuangan

Kepala Keuangan kerinci

Retak tangan dan Ucapan terima kasih

Ada pameo berkembang bahkan kadang orang masih mempercayainya,Meski era teknologi saat ini.yang menyebutkan bahwa seseorang dilahir atau terlahir kealam ini telah memilikil Retak tangan atau mengikuit garis tangan.Baik urusan jabatan,Kenaikan pangkat atau suratan nasib seseorang.

Terlontar di pagi yang damai dan dalam guyonan santai penuh makna di ruangan keuangan kerinci.Seperti diutarakan, Syamsurizal.Kepala bagian Keuangan Kerinci.disela-sela pekerjaanya super sibuk dalam tumpukan map dan surat-surat yang segera ditanda tangani.

" Saya tidak punya angan-angan, termasuk program menduduki jabatan di kepala Bagian keuangan saat ini.Ini amanah dan kepercayaan "ujar Syamsurizal kepala keuangan kerinci ini.Yakin, memang. Ada bahasa,bathin yang terungkap, bahwa apapun usaha yang dilakukan.Ia adalah amanah.

Ia mengakui,dalam melakukan pekerjaan.Perlu ketulusan dan keikhlasan" Kadang saya melakukan penanda tanganan surat, kerja ekstra malam hari.Waktu memang perlu dibagi.kadang tumpukan map sudah memenuhi meja, bila beberapa melakukan pekerjaan dinas luar,wajahpun udah tidak kelihatan, karena tumpukan maap dimeja" ujarnya dengan santai dan menanda tangani surat.


Meski dibilang urusan " bergelimang uang" masih sempat memancing ikan dan menanam kentang dilakukan di ladangnya di Sungai Keruh. Diladangnya.Ia menanam kentang, kini telah berumur 2 bulan lebih.Sebelumnya bertani sayuran, berupa kol" saya udah tanam kentang 3 ton.kini umurnya, 2 bulan.belum lama lagi bakal panen" tambahnya.


Pembicaraan Abang Syamsu,Akrab dipanggil.Ada nuansa kearrifan lokal, perlu, memang,Ia mencontohkan.Bila panen tiba.didesa misalnya, ngasih beras ke tetanga atau ajak minum, makan Ini. itu kadang terkesan hilang hanya ucapan"Terima kasih" sambil berlalu dari hadapan menutup bincang dengan Misterikerinci.

04 November 2008

Team penilai kerinci sehat

selasa,4/11/008











Team penilai Kerinci sehat Jambi kunjungan Kerinci

Misterikerinci-Team penilai kerinci kerinci sehat hari ini memantau langsung kelapangan tentang persiapan kerinci sehat.
Team propinsi Jambi terdiri dari, Kepala Bapeda Jambi, Fahmi Rizal.Bsc.Arlis dan kerinci,Kepala Dinas Kesehatan Kerinci Efnizal Mairad.Ketua forum hutan adat Hiang,Chandra Purnama.

kepada sejumlah wartawan dikerinci mereka mengungkapkan, program kerinci sehat ini terus ditingkatkan, dari kelurahan,desa dan kabupaten.

Adapun pemantapan yang dilakukan 5 tatanan pilihan, kawasan wisata sehat, hutan sehat, ketahanan pangan dan gizi, tertib lalu lintas dan pemukiman sehat, sarana dan prasarana dan permukiman sehat. " Kegiatan ini terintegrasi dalam program Gerbang Madani terangkum dalam desa siaga,PHBS, desa binaan/p2wkss." Ujar Fahmi.




Jemaah haji Kerinci

Selasa,4/11/008.
Jemaah haji kerinci diberangkatkan

Misterikerinci-444 dari 453 orang jemaah haji kerinci diberangkatkan Rabu(5/11/008) dari Sungai penuh menuju Bandar udara Tabing Sumatera barat. Hal ini disampaikan Kepala Departemen agama Kerinci,Harmalis melalui Kasi urusan Haji, Sukardy, dilepas bupati Kerinci,H.Fauzi siin.

menurut Sukardy dari total nilai jemaah yang berangkat terdapat beberapa orang meninggal dunia dan permasalahan administrasi" 453 yang mendapat kuata terdapat 444 yang diberangkatkan.Dengan demikian yang lainya batal berangkat.Karena permasalahan administrasi yang tidak tuntas" Ujarnya.

Bicara perbandingan ditahun 2007 jemaah Haji kerinci 246 terjadi kenaikan ditahun 2008 dengan dua kali lipat lebih' tahun ini terjadi kenaikan 2007 246 yang diberangkatkan.tahun sekarang 444 orang" tambahnya.

Perikanan kerinci

Selasa,4/11/2008
Pembudayaan ikan dan sarana fisik












Misterikerinci-Mengembangkan kerinci sebagai daerah penghasil ikan, tentu dimulai dengan pembangunan sarana dan prasarana.Karena dengan upaya pengembangan dan kepedulian,terutama dana anggaran adalah amat menentukan.

Hal ini disampaikan Igor, Kepala bidang Perikanan kerinci kepada misterikerinci (4/11/08) diruang kerjanya. Dalam pembangunan fisik untuk tahun 2008 ini telah dikembangkan pembuatan kolam pengembangan ikan, dibeberapa lokasi, berupa pembuatan taman 20 unit dengan total anggaran perunit 48 juta.

Termasuk pembuatan keramba 74 unit dengan nilai 1,1 milyar.Belum lagi bangsal pembenihan yang 7 unit dengan dana 30 juta perunit.Keramba beton irigasi 5 unit 45 juta.Saluran induk unit pembenihan 48 juta.Pemasangan turap,serta ilek BBI lokal Rp.100 juta.

Kemudian,penyebaran bibit ikan di perairan umum, dengan jumlah penyebaran bibit ikan,yakni 90 ribu ekor ikan." Penyebaran 90 ribu bibit ikan di perairan umum.penyebaran ini upaya untuk mengembangkan ikan" ujar igor menutup bincang dengan misteri kerinci.

03 November 2008

Putri wisata 2008



Sabtu 1 November 2008.
Filda Kristina” Percaya pada kemampuan diri

Misterikerinci-Filda Kristina, Kelahiran Sungai Penuh, 2 April 1993. Dari Sekolah Menengah atas Pertama Sungai Penuh-Kerinci, berhasil keluar sebagai Miss univers Kerinci, dalam ajang pemilihan Bujon Gadih Kincai 2008, oleh Dinas Pariwisata Kerinci bertempat di Gedung Nasional Sungai Penuh-Kerinci (31/10) dalam rangka festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci digelar pertengahan November 2008.

Berhasil Kristina tahun 2007 lalu hanya keluar sebagai nominas finalis harapan.Meski demikian, cewek bintang Aries kembali meraih juara terbaik ditahun 2008,sebagai juara pertama. Anak pasangan dari David Indra. S.pd dengan Olina Sasieta.

Cewek manis ini bercita-cita ingin menjadi dokter dan apoteker, memiliki hobby membaca dan dengar musik.” Saya bercita-cita ingin menjadi dokter atau apoteker” katanya membuka suara dengan Misteri kerinci yang bertandang di rumahnya didusun baru (1/11) lalu.

Dirinya mengakui sempat deg- degan sebelum grandfinal, terutama dalam soal busana yang dipakai. Dalam hal, warna baju yang dipakai, hitam atau merah,Namun setelah memilih baju busana adat kerinci warna dirinya keluar sebagai juara pertama terbaik.

“ Saya sempat deg- degan sebelum grandfinal, Terutama dalam soal busana yang dipakai.Dalam hal, warna baju yang dipakai, hitam atau merah, Namun setelah memilih baju busana adat kerinci warna hitam dirinya keluar sebagai juara pertama terbaik” ujarnya.

Filda pangilan akrabnya, memiliki nomor sepatu 33/39 serta celana 27/28. Warna kesukaan, Pink.Memiliki moto : Be your self, because you are star in your life.( percaya dengan kemampuan diri).

Rawat Kulit dengan “ Fonds”
Wajahnya putih dan bersih pada malam grand final jelas terlihat. Ini berkat dirinya Dalam merawat kulit memakai produk kecantikan “Ponds”. “Dalam perawatan kecantikan wajah, Saya memakai produk kecantikan, yakni saya percaya kecantikan kulit saya pada “ Ponds”tambah pemilik handphone Nokia 3120 classic ini.

Buang bohong

Ia cerminkan pula dalam keseharian untuk merawat kecantikan luar dan dalam, penyuka minuman juss pokat dan mie ayam ini dengan tidak menyukai dan membuang sifat pembohong dan iri hati.dan menyukai sifat, Jujur dan terbuka dan apa adanya.Bagi yang pingin kenalan bisa call ke 085669817442.








02 November 2008

Seputar dak3

Sabtu,2 Nov 2008

Murizon" Sudah siap "

Misterikerinci-Bila dalam pengelolaan dana alokasi khusus kerinci ditahun 2008 dengan nilai dana 19 milyar dari 79 sekolah setelah mengalami audit lembaga resmi, mengalami kelebihan atau flapon tidak tercapai masa tenggang pengerjaan kembalikan ke pusat.

Hal ini dikemukakan,Murizon,kasi Bina program dinas pendidikan dan pengajaran pada misteri (2/11) ."Bila dalam pengelolaan dana alokasi khusus kerinci ditahun 2008 dengan nilai dana 19 milyar dari 79 sekolah setelah mengalami audit lembaga resmi, mengalami kelebihan atau flapon tidak tercapai masa tenggang pengerjaan kembalikan ke pusat, saya tidak ingin beresiko.Saya juga siap dipindah atau jadi guru lagi"ujarnya.


Tentang dugaan pengelolaan untuk pengadaan alat alat sekolah, komputer dan pengadaan buku.itu melalui konsorsium, artinya,untuk pengadaan.Kerinci tidak,seperti buku,melalui pusat pengadaan buku.mereka menyediakan.

Tudingan miring memilik fasilitas setelah di di kasi" Belum jadi Kasi bina program, baik mobil dan tanah segala hal.itu telah ada sebelum saya mememgang jabatan.Saya punya ladang dan sawah dikampung saya Pulau Sangkar." Tambahnnya.


.

Seputar dak2

Sabtu,1 November 2008

Armidis “ Konsultan bekerja sesuai petunjuk”

MisteriKerinci-Konsultan pengelolaan dana alokasi khusus.Karena terbatasnya ketenagaan.Kita juga memakai pemberdayaan mereka yang dari sekolah tamatan teknik. Disamping konsultan yang sudah ada.Mereka telah memiliki legalitas dari pendidikan mereka.

Hal ini disampaikan Armidis, kepala Dinas pendidikan Kerinci merespon tentang rekrut konsultan mendapat kritikan seputar pengelolaan dana alokasi khusus ditenggarai bermasalah dalam pengelolaan,Terutama dalam teknik bangunan.“ Konsultan itu bekerja sesuai dengan petunjuk dan rencana annggran belanja (RAB)” kata Armidis.

p2

Create your own banner at mybannermaker.com!
There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

pepatah

Rm